Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Majapahit Pakai Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation mulai 25 Maret

Kompas.com - 23/03/2024, 14:00 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan KA Majapahit relasi Pasarsenen–Malang menggunakan jenis kereta ekonomi Stainless Steel New Generation mulai Senin, 25 Maret 2024, untuk relasi Malang–Pasarsenen dan mulai Selasa, 26 Maret 2024, untuk relasi Pasarsenen–Malang.

KA Majapahit memiliki jadwal keberangkatan dari Pasarsenen pukul 19.20 WIB dan tiba di Malang pukul 10.07 WIB, serta dari Malang berangkat pukul 18.45 WIB dan tiba di Pasar Senen pukul 08.37 WIB.

Kereta ekonomi Stainless Steel New Generation menjadi bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023-2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero).

“Peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi ini adalah sebagai wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience sehingga tetap relevan dengan perkembangan zaman,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Sabtu (23/3/2024).

Baca juga: Per Hari Ini, KA Gaya Baru Malam Selatan Beroperasi dengan Kereta Ekonomi New Generation

Sebelumnya, kereta ekonomi memiliki kapasitas 106 tempat duduk dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan.

Secara bertahap, kereta ekonomi tersebut diganti menjadi kereta ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk dengan formasi 2-2 berhadapan atau tidak berhadapan.

Saat ini, PT KAI melakukan inovasi terbaru dengan menghadirkan kereta ekonomi Stainless Steel New Generation, yang memiliki 72 tempat duduk, sehingga leg room-nya menjadi lebih luas.

Selain itu, jenis kursi sudah menggunakan tipe captain seat yang bisa diatur kemiringannya (reclining) dan bisa disesuaikan searah laju KA atau berhadapan.

“Keunggulan kereta dkonomi Stainless Steel New Generation ini di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis. Hal ini akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap,” ujar Joni.

Baca juga: KAI Rilis KA Ekonomi Baru dengan Modifikasi Kursi, Apa Saja Bedanya?

KA Majapahit gunakan jenis Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation mulai 25 Maret 2024.Dokumentasi PT Kereta Api Indonesia KA Majapahit gunakan jenis Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation mulai 25 Maret 2024.
Pada kereta ekonomi Stainless Steel New Generation, Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan kereta, dan suhu ruangan.

 

Tak hanya itu, tersedia USB charger port pada masing-masing kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia. Port USB bisa digunakan untuk pengisian daya gawai milik penumpang.

Sementara itu, jendela kereta ekonomi Stainless Steel New Generation juga telah diperbarui menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass sehingga tingkat keamanan lebih tinggi, membantu mengurangi panas dan sinar UV ke dalam gerbong kereta, serta lebih baik dalam mereduksi kebisingan.

“Keunggulan lain pada kereta ekonomi Stainless Steel New Generation ada penambahan toilet dari kereta ekonomi sebelumnya dari 1 toilet menjadi 2 toilet, penggantian jenis toilet menjadi toilet duduk dari sebelumnya model jongkok, serta dipisahkan menjadi toilet pria dan wanita. Khusus di toilet wanita, KAI menambah meja lipat yang berfungsi untuk mengganti popok bayi,” papar Joni.

Baca juga: Flash Sale Tiket Kereta Eksekutif Rp 150.000, Ini Daftar KA dan Rutenya

Kereta makan di rangkaian kereta ekonomi Stainless Steel New Generation turut diperbarui menjadi lebih mewah dengan interior dan furnitur premium, serta tersedia mushala.

Pengoperasian KA Majapahit dengan rangkaian kereta ekonomi Stainless Steel New Generation tersebut sudah dapat digunakan masyarakat untuk mudik Lebaran. Dengan kenyamanan yang semakin meningkat, dapat terwujud mudik ceria dan penuh makna.

"KAI akan terus meng-upgrade kereta-kereta yang sudah ada. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu, terlebih di masa angkutan Lebaran sehingga tercipta mudik ceria penuh makna,” pungkas Joni.

Baca juga: Cara Registrasi Akun Kereta Cepat Whoosh

Baca juga: Daftar 24 Kereta Tambahan Lebaran 2024, Rute, dan Jadwalnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com