Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Membeli Rumah dengan KPR

Kompas.com - 23/03/2024, 23:48 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kredit Pemilikan Rumah atau KPR adalah cara yang umum digunakan oleh sebagian masyarakat untuk memiliki rumah atau properti.

KPR merupakan jenis pinjaman yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan kepada individu untuk membiayai pembelian rumah atau properti.

Dalam KPR, peminjam atau debitur meminjam sejumlah uang dari bank atau lembaga keuangan untuk membeli rumah atau properti.

Baca juga: Cara Bayar UTBK-SNBT 2024 via Aplikasi BRImo dan Teller BRI

Selanjutnya, debitur harus membayar angsuran bulanan yang mencakup pembayaran pokok pinjaman dan bunga selama jangka waktu tertentu. Salah satu bank yang menyediakan fasilitas pinjaman KPR adalah Bank BRI. 

Lantas, apa saja yang perlu disiapkan untuk mengajukan KPR?

1. Persiapan keuangan

Sebelum memulai proses pembelian rumah termasuk dengan KPR, penting untuk melakukan persiapan keuangan yang matang.

Hal ini meliputi mengevaluasi keuangan pribadi, menabung untuk dana muka, dan merencanakan anggaran untuk cicilan bulanan serta biaya-biaya tambahan seperti pajak dan asuransi.

Sebaiknya, persiapkan dana yang cukup untuk down payment (DP). Semakin besar dana muka yang diberikan, semakin rendah pula jumlah pinjaman yang dibutuhkan. Jadi, cicilan bulanan KPR tidak terlalu besar.

Baca juga: Waspada Uang Palsu Jelang Lebaran, Simak Cara Cek Keaslian Uang Rupiah

2. Pengecekan kelayakan kredit

Pengecekan kelayakan kredit jadi salah satu langkah krusial saat proses pembelian rumah. Sayangnya, tahap ini sering diabaikan banyak orang.

Pengecekan kelayakan kredit melibatkan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi finansial kamu, termasuk penghasilan, utang, dan catatan kredit.

Dengan meninjau penghasilan dan utang secara cermat, serta memastikan catatan kredit yang baik, Anda dapat mengetahui besaran pinjaman yang dapat diperoleh dari bank seperti BRI.

Langkah ini akan membantu Anda mengatur ekspektasi dan meminimalkan risiko penolakan kredit.

Baca juga: Erick Thohir Rombak Jajaran Direksi-Komisaris Sucofindo, Ini Daftarnya

3. Pemilihan hunian yang sesuai

Saat memilih hunian yang sesuai, pertimbangkanlah berbagai faktor seperti lokasi, ukuran, fasilitas, dan harga. Lakukan pencarian cermat dan kunjungi beberapa properti sebelum membuat keputusan akhir.

Pastikan Anda memilih hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Jadi, Anda bisa menempatinya dengan aman, nyaman, dan tenang tanpa beban pikiran cicilan.

Untuk pencarian rumahnya, Anda dapat coba cari rumah dengan informasi yang lengkap melalui homespot.id. Platform ini merupakan one stop housing marketplace yang memudahkan Anda dalam mencari hunian impian.

Baca juga: Promo Tarif Rp 243 Selama 2 Hari, Upaya MRT Tarik Minat Naik Transportasi Umum

4. Strategi pembiayaan yang bijaksana

Suku bunga, tenor, dan biaya tambahan yang terkait dengan KPR harus diperhatikan. Jadi, pastikan untuk memperhitungkan secara cermat kemampuan Anda untuk membayar cicilan bulanan serta memperhatikan ketentuan dan persyaratan yang berlaku dalam proses pengajuan KPR.

Saat ini KPR BRI memberikan suku bunga 5 persen fixed 3 tahun.

Selain mencari informasi mengenai hunian impian, di homespot.id Anda bisa mencoba kalkulator KPR. Hanya perlu masukkan harga properti, jumlah uang muka, memasukkan suku bunga, dan lama pinjaman.

Nantinya, Kalkulator KPR akan memberikan simulasi dengan detail angsuran yang lengkap, bahkan bisa diunduh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com