BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sido Muncul

Tebar Sukacita di Bulan Ramadhan, Sido Muncul Beri Santunan untuk 1.000 Anak Yatim di Jakarta

Kompas.com - 29/03/2024, 14:31 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi umat Islam di Tanah Air, Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dan berkah. Tak hanya sebagai momentum untuk menjalankan ibadah puasa, bulan Ramadhan menjadi kesempatan untuk menebar kebaikan kepada sesama.

Hal ini juga turut dilakukan oleh para pelaku industri, salah satunya PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) sebagai perusahaan jamu dan obat herbal asli Indonesia.

Pada tahun ini, Sido Muncul kembali berbagi kasih dengan memberikan santunan kepada 1.000 anak yatim di Jakarta dengan memberikan bantuan senilai Rp 200 juta.

Adapun pemberian santunan dilakukan secara simbolis oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat bersamaan dengan acara buka puasa bersama di kantor Sido Muncul, Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2024).

Irwan mengatakan, pihaknya bersama seluruh karyawan Sido Muncul menyampaikan rasa syukur dapat berbagi dengan anak-anak di panti asuhan.

"Semoga santunan yang diberikan Sido Muncul dapat menambah kegembiraan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Setiap anak akan mendapatkan masing-masing Rp 200.000," ujar Irwan kepada Kompas.com.

Baca juga: Sido Muncul Manfaatkan Berkah Ramadhan dengan Berdonasi kepada 1.000 Kaum Duafa

Irwan melanjutkan, pada bulan Ramadhan tahun ini, Sido Muncul telah menjalankan sejumlah aksi berbagi untuk sesama. Sebelumnya, pihaknya juga sudah memberikan santunan berupa bahan pokok (sembako) senilai Rp 200 juta kepada 1.000 kaum duafa di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (25/3/2024).

Tidak hanya itu, Sido Muncul turut menyalurkan bantuan senilai Rp 200 juta kepada anak suspect stunting di Rumah Sakit Islam (RSI) Jakarta Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2024). Adapun penerima bantuan mendapatkan uang senilai Rp 500.000 setiap bulan selama periode Maret-Desember 2024.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat berharap, melalui santunan tersebut bisa memberikan manfaat dan membantu sebagian kecil kebutuhan anak yatim dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.Dok. KOMPAS.com/Yakob Arfin TS Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat berharap, melalui santunan tersebut bisa memberikan manfaat dan membantu sebagian kecil kebutuhan anak yatim dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Irwan juga menyampaikan makna berbagi dengan sesama saat bulan Ramadhan.
Bagi Irwan, berbagi dapat dilakukan oleh siapa pun, baik dalam kondisi berlebih maupun dalam keterbatasan.

"Ramadhan merupakan bulan yang penuh kesempatan. Jadi, bagi kami, (bulan) ini menjadi kesempatan untuk berbuat baik dan berbagi kebahagiaan, khususnya kepada anak-anak yatim yang berada di wilayah Jaksel. Berapa pun yang diberikan sangat bermakna bagi mereka yang membutuhkan,” kata Irwan.

Baca juga: Atasi Stunting, Sido Muncul Berikan Bantuan Senilai Rp 200 Juta kepada Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Syukur tiada akhir

Pada kesempatan sama, perwakilan Yayasan Masjid Al-Ikhlas Cipete, Arima Nur Syafitri, berterima kasih atas bantuan dari Sido Muncul.

Adapun Yayasan Masjid Al-Ikhlas menaungi 110 anak yatim dan duafa yang berdomisili di kawasan Cipete, Jaksel.

"Insyaallah, uang ini langsung kami bagikan kepada anak-anak binaan. Semoga santunan ini bisa menjadi amal jariyah bagi Sido Muncul. Anak-anak yatim dan duafa di yayasan kami mendapat binaan secara mingguan dan bulanan. Santunan dari Sido Muncul sangat bermakna bagi mereka," kata Arima.

Senada dengan Arima, pengurus Yayasan Al-Ittihadiyah Cipete, Ahmad Rizal, turut mengapresiasi bantuan Sido Muncul yang menjadi angin segar bagi masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang tak menentu.

Rizal berharap, aksi sosial yang diinisiasi Sido Muncul dapat berjalan berkesinambungan sehingga dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat.

"Semoga semakin banyak orang yang bisa merasakan dampak positif atas kehadiran Sido Muncul. Semoga Sido Muncul terus maju, konsisten menebar kebaikan, serta memberikan manfaat bagi masyarakat luas di Tanah Air," imbuh Rizal.

Baca juga: Kembalikan Senyum Anak di Kabupaten Belu, Sido Muncul Donasikan Rp 533 Juta untuk Operasi Bibir Sumbing

Untuk diketahui, kegiatan berbagi rutin dilakukan Sido Muncul sejak 10 tahun lalu. Irwan berharap, melalui santunan tersebut bisa memberikan manfaat dan membantu sebagian kecil kebutuhan anak yatim, terutama dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Santunan kepada anak yatim merupakan bagian dari kegiatan corporate social responsibility (CSR) Sido Muncul yang rutin dilakukan.

Sebelumnya, Sido Muncul pernah memberikan bantuan di beberapa kota lain, seperti Solo, Lampung, Surabaya, Bogor, Bandung, Tangerang, Bali, dan Makassar.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com