Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Layanan Kesehatan, Grup Siloam Tingkatkan Digitalisasi

Kompas.com - 29/03/2024, 15:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup Rumah Sakit Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk tahun buku 2023.

Perseroan mempertahankan laju pertumbuhan melalui implementasi strategi 5 tahun yang menghasilkan transormasi pada payer mix, peningkatan kemampuan untuk melakukan perawatan klinis dengan kompleksitas yang lebih tinggi, peningkatan kualitas layanan/perjalanan pasien, optimalisasi perluasan jaringan, dan transformasi layanan kesehatan digital.

Private payer mix memberikan kontribusi sekitar 82 persen dari total pendapatan grup rumah sakit tersebut, sementara sekitar 50 persen merupakan private payer yang berasal dari klien korporat dan asuransi.

Baca juga: 5 Emiten Ini Bakal Cum Dividen Awal Pekan Depan, Ada Ramayana hingga Siloam

Ilustrasi rumah sakit, layanan kesehatan. SHUTTERSTOCK/SPOTMATIK LTD. Ilustrasi rumah sakit, layanan kesehatan.

Sementara itu, pendapatan dari BPJS Kesehatan pada tahun 2023 stabil di angka 18 persen dari total pendapatan grup rumah sakit Siloam. Average Revenue per Occupied Beds (ARPOB) untuk tahun stabil di angka Rp 3,3 miliar.

Presiden Direktur Siloam Benny Haryanto mengatakan, pada 2023, Siloam telah mencapai hasil yang baik dan menetapkan standar baru untuk pelayanan di industri kesehatan.

"Siloam mampu meningkatkan jangkauan dan kompleksitas layanannya dengan berinvestasi dalam pengembangan program klinis," ujar Benny dalam keterangannya, Jumat (29/3/2024).

Average Revenue per Patient Days (ARPD) dari program-program klinis dengan kompleksitas tinggi seperti Kardiologi dan Bedah Jantung, Onkologi dan Bedah Onkologi, Neurologi dan Bedah Saraf, Gastroenterologi dan Bedah Ortopedi (CONGO) terus bertumbuh dari kuartal ke kuartal dan memberikan kontribusi sebesar 38 persen terhadap pendapatan bruto pada tahun fiskal 2023.

Baca juga: RUPS Siloam Hospitals Setujui Pembagian Dividen Tahun Buku 2022 Rp 255 Miliar

Contoh lainnya adalah pusat transplantasi ginjal perseroan yang kini telah melakukan lebih dari 315 transplantasi ginjal dengan tingkat kelangsungan hidup satu tahun yang melampaui standar global.

Siloam terus melanjutkan strategi ekspansi dengan membuka 1 hingga 2 rumah sakit per tahun dengan tetap mengoptimalkan aset-aset yang ada. Pada tahun 2023, Siloam mengoperasikan hampir 4.000 tempat tidur dengan okupansi sebesar 65 persen secara keseluruhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com