BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sido Muncul
Salin Artikel

Sambut HUT ke-12 RSUD Suradadi, Sido Muncul Fasilitasi Operasi Bibir Sumbing 30 Orang

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Industri Jamu Farmasi Sido Muncul Tbk bekerja sama dengan Rotari Club of Semarang Bojong, serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Suradadi menggelar operasi Bibir Sumbing Gratis bagi bayi dan anak-anak di Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (11/12/2022).

Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 RSUD Suradadi.

Pada acara tersebut, Sido Muncul memberikan bantuan senilai Rp 240.740.000 untuk operasi bibir sumbing 30 pasien di RSUD Surodadi.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Direktur Marketing Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Membership Committee Rotary Club of Semarang Bojong Eleonora Aprilita. Acara penyerahan disiarkan virtual dari Jakarta dan Tegal.

Turut hadir pada acara tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji dan Direktur RSUD Suradadi Ruszaeni.

Dari Jakarta, Irwan Hidayat menyampaikan, pihaknya beruntung karena mendapatkan kesempatan untuk memberi bantuan pada banyak pihak. Salah satunya, melalui kegiatan operasi bibir sumbing dan langit-langit mulut yang saat ini dilakukan.

Irwan juga berterima kasih kepada RSUD Suradadi. Pasalnya, pada peringatan HUT ke-12 RSUD Suradadi, pihaknya diberi kesempatan untuk turut serta dalam acara operasi bibir sumbing.

“Saya juga berterima kasih kepada Bupati Tegal Ummi Azizah yang kehadirannya diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Tegal. Selain itu, juga kepada Rotary Club of Semarang Bojong yang selalu menghubungi kami bila ada aktivitas sosial,” ujar Irwan di Kantor Pemasaran Sido Muncul, Cipete, Jakarta Selatan.

Anak yang menderita bibir sumbing, kata Irwan, rentan mengalami berbagai problem kesehatan, misalnya susah makan sehingga menyebabkan stunting.

Oleh karena itu, sejak 2018 sampai saat ini, Sido Muncul turut menyalurkan bantuan operasi bibir sumbing gratis sebanyak enam kali. Operasi tersebut dilakukan sebanyak dua kali di Kupang. Sementara sisanya, di lakukan di Banten, Dolok Sanggul, Tarutung, dan Tegal.

Sebagai informasi, bantuan tersebut diberikan Sido Muncul dengan berfokus kepada pasien yang tidak mampu

“Kami berharap agar operasi berjalan lancar, pasien-pasien dapat kembali tersenyum, serta dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk bersosialisasi.”

Pada kesempatan yang sama, Eleonora Aprilita mengatakan bahwa operasi bibir sumbing gratis ini merupakan salah satu proyek dari kegiatan kemanuasiaan Rotary Club of Semarang Bojong.

Menurutnya, operasi tersebut sudah direncanakan 2019 bersama Sido Muncul. Hanya saja, kegiatan sempat terkendala pandemi Covid-19 sehingga baru dapat terealisasi sekarang.

Untuk diketahui, kolaborasi Rotary Club of Semarang Bojong dengan Sido Muncul bukanlah yang pertama. Sebelumnya, keduanya pernah berkolaborasi membantu anak-anak penderita kanker di Semarang.

“Mudah-mudahan kami bisa terus bersama untuk kemanusiaan. Dalam komitmen untuk membantu sesama dan beraktivitas sosial, kami memiliki spirit pengabdian yang sejalan, seiring, serta seirama,” kata Eleonora.

Pelaksanaan operasi bibir sumbing

Ruszaeni yang terhubung secara virtual dari RSUD Suradadi mengatakan bahwa kegiatan operasi bibir sumbing merupakan rangkaian dari HUT ke-12 RSUD Suradadi. Adapun pasien yang menjalani operasi tersebut sekitar 30 peserta.

Rinciannya, usia 0-5 tahun sebanyak 24 peserta, 6-10 tahun 4 peserta, 11-20 tahun 1 peserta, dan 21 tahun ke atas ada 1 peserta.

Sementara itu, untuk asal wilayah peserta, 20 berasal dari kawasan Tegal dan sisanya di luar Kabupaten Tegal. Rinciannya, peserta dari 6 peserta dari Brebes, 2 Pemalang, 1 Cilacap, serta 1 Kudus.

“Kegiatan tersebut dapat berjalan berkat kerja sama dengan Sido Muncul, Rotary Club of Semarang Bojong, serta Yayasan Permata Sari Semarang. Kami atas nama RSUD Suradadi, mengucapkan terima kasih dan semoga acara bisa berjalan dengan lancar,” ujar Ruszaeni.

Masih dari RSUD Suradadi, Hendadi Setiaji yang mewakili Bupati Tegal mengapresiasi upaya Sido Muncul dan Rotary Club of Semarang Bojong yang telah memfasilitasi pelaksanaan operasi bibir sumbing di RSUD Suradadi. Hal ini merupakan wujud kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan uluran tangan.

Hendadi mendorong agar aktivitas semacam itu sering digalakkan karena dapat menumbuhkan kesetiakawanan dan solidaritas sosial.

Menurutnya, pada era yang kesenjangan ekonomi semakin meningkat, nilai-nilai luhur seperti teposeliro seakan luntur dalam kehidupan saat ini.

Akan tetapi, nilai tersebut masih ada dan mewujud dalam aktivitas filantropi, seperti kegiatan operasi bibir sumbing yang saat ini dilakukan.

“Aktivitas filantropi dapat menjadi cara merawat dan mengikat kebersamaan serta aktivitas gotong royong untuk mengatasi persoalan kemanusiaan dan kebangsaan,” ujar Hendadi.

https://money.kompas.com/read/2021/12/12/115721626/sambut-hut-ke-12-rsud-suradadi-sido-muncul-fasilitasi-operasi-bibir-sumbing-30

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.