Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengertian Kegiatan Ekonomi, Jenis, dan Contohnya

Pengertian kegiatan ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan hidup manusia ini sangat beragam, mulai dari makanan, pakaian, tempat tinggal, dan lainnya.

Kebutuhan hidup setiap manusia berbeda-beda. Karena itu, kegiatan ekonomi yang dilakukan juga berbeda-beda.

Dengan kata lain, setiap manusia melakukan kegiatan ekonomi dengan tujuan yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan kebutuhan hidupnya.

Ada beberapa macam kegiatan ekonomi yang dilakukan dan biasa kita temui di masyarakat. Kegiatan ekonomi adalah segala tindakan yang melibatkan produksi, distribusi, dan konsumsi. 

Jenis-jenis kegiatan ekonomi

Berikut adalah jenis-jenis kegiatan ekonomi serta contohnya sebagaimana dilansir dari laman kemdikbud.go.id. 

1. Produksi

Jenis pertama dari kegiatan ekonomi adalah produksi. Pengertian produksi adalah kegiatan untuk menghasilkan suatu barang atau jasa. Orang atau pihak yang melakukan kegiatan produksi disebut sebagai produsen.

Kegiatan ekonomi produksi dilakukan oleh produsen dalam rangka menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Adapun tujuan dari produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan para pembeli atau konsumen dan mencari keuntungan dalam menghasilkan barang dan jasa.

Produksi dalam kegiatan ekonomi adalah mencakup dua hal. Pertama, menciptakan atau menghasilkan barang dan jasa. Kedua, menambah nilai guna barang dan jasa. 

Contoh kegiatan produksi adalah sebagai berikut:

2. Distribusi

Selanjutnya, jenis kegiatan ekonomi adalah distribusi. Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), distribusi adalah penyaluran (pembagian, pengiriman) kepada beberapa orang atau ke beberapa tempat.

Distribusi adalah suatu proses penyaluran barang yang dibuat oleh produsen kepada konsumen. Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut sebagai distributor.

Adapun tugas utama dari kegiatan distribusi adalah membeli barang-barang dari pihak produsen untuk kemudian dijual kepada pihak konsumen.

Distributor sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yakni pedagang besar (grosir), pedagang kecil (retail), dan juga perantara.

Pedagang besar merupakan membeli dan menjual barang dalam jumlah yang besar, pedagang kecil membeli barang dari pedagang besar untuk dijual kepada pihak konsumen.

Sedangkan untuk perantara merupakan hanya memperantarakan kegiatan ekonomi antara produsen dengan konsumen.

Berikut contoh dari kegiatan ekonomi distribusi: 

3. Konsumsi

Berikutnya, jenis ketiga dari kegiatan ekonomi adalah konsumsi. Setiap hari, manusia melakukan kegiatan konsumsi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan.

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa secara berangsur-angsur atau langsung habis.

Kegiatan konsumsi bisa terjadi ketika produsen menjual barang atau jasa langsung kepada konsumen. Bisa juga kegiatan konsumsi terjadi ketika konsumen membeli barang atau jasa dari distributor.

Berikut adalah contoh kegiatan konsumsi yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari:

Demikian penjelasan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi, jenis, serta contohnya.

https://money.kompas.com/read/2023/06/05/233608326/pengertian-kegiatan-ekonomi-jenis-dan-contohnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke