Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Cerita Hitler Bangun Ekonomi Jerman usai Perang | Pedagang Kulit Ketupat Raup Rezeki Idul Adha

1. Bulog Bakal Akuisisi Sumber Beras di Kamboja, Ini Kata Guru Besar IPB

Guru Besar Universitas IPB Dwi Andreas Santosa mengungkapkan, kebijakan Bulog yang akan mengakuisisi sejumlah sumber beras di Kamboja merupakan rencana yang tepat untuk menjamin ketersediaan stok beras nasional.

Dia menilai dengan kebijakan itu, Indonesia tidak perlu berebut beras dengan negara lain, saat produksi beras nasional berkurang dan pengadaan impor harus dilakukan.

“Yah sudah tepat, sekarang ini yang kita lakukan ketika jumlah produksi tidak cukup kan pasti mengimpor dari luar negeri. Dengan rencana ini, ketika kita punya cadangan sendiri di luar melalui kerja sama dengan negara tersebut tentu kita tidak ribut-ribut lagi dengan negara lain untuk mencari stok beras,” ujar Dwi Andreas saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (15/6/2024).

Selengkapnya, silakan baca di tautan ini.

2. Melonjak, Simak Harga Emas Terbaru di Pegadaian 16 Juni 2024

Harga emas di Pegadaian hari ini, Minggu (16/6/024) tercatat mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Harga emas batangan Antam dengan berat 1 gram dibanderol seharga Rp 1.381.000, melonjak Rp 14.000 dibandingkan sebelumnya.

Sementara untuk pecahan 0,5 gram, harga emas mencapai Rp 743.000 sedangkan untuk pecahan 2 gram, dipatok seharga Rp 2.700.000.

Tidak hanya emas batangan Antam, harga emas batangan dari Galeri-24 juga mengalami kenaikan yang mencolok. Emas Galeri-24 dengan berat 1 gram dijual seharga Rp 1.337.000 naik Rp 15.000 dibandingkan kemarin.

Harga emas di Pegadaian selengkapnya dapat dicek di sini.

Siapa tak kenal dengan Adolf Hitler. Dia adalah seorang politisi Jerman dan Ketua Partai Nazi kelahiran Austria yang menyeret Jerman dalam Perang Dunia II (PD II).

Meski dikenal sebagai diktator Jerman bergelar Führer und Reichskanzler, Hitler bisa dikatakan cukup sukses mengambil hati rakyat Jerman, terutama gerenasi muda, dengan berbagai program-program perbaikan ekonomi.

Kondisi perekonomian Jerman porak poranda karena hancurnya industri mereka. Banyak industri Jerman kolaps setelah kota-kota yang menjadi pusat industri luluh lantak akibat PD I.

Cerita selengkapnya mengenai upaya Hitler membangun kembali ekonomi Jerman dapat disimak di tautan ini.

4. Pelemahan Rupiah dari Perspektif Tiga Generasi Krisis Mata Uang

Pada Jumat (15/6/2024), nilai tukar rupiah terhadap dollar AS terus melemah dan mencapai Rp 16.400 per dollar AS, titik terendah sejak masa pandemi pada April 2020.

Meskipun terjadi pelemahan, Bank Indonesia (BI) tetap optimistis terhadap kinerja rupiah yang dinilai relatif kuat dibandingkan negara lain.

Dalam perspektif yang lebih luas, apakah optimisme ini beralasan?

Baca selengkapnya dengan klik tautan ini.

5. Cerita Pedagang Kulit Ketupat Dapat Rezeki Tambahan di Momen Idul Adha

Selain aspek ibadah, momen Idul Adha juga memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah para penjual kulit ketupat.


Momen-momen hari raya seperti Idul Adha ini menjadi momen bagi mereka untuk mendapatkan rezeki tambahan dari kulit ketupat. Hal ini seiring dengan banyaknya umat muslim yang menjadikan ketupat sebagai makanan favorit saat hari raya.

Darto, salah satu pedagang kulit ketupat di kawasan Palmerah mengaku, sejak Jumat yang lalu sudah diserbu oleh para pelanggannya. Dia sudah lebih 5 tahun berusaha kulit ketupat sembari menjual sayur-sayuran.

Selengkapnya, silakan baca di sini.

https://money.kompas.com/read/2024/06/17/074600326/-populer-money-cerita-hitler-bangun-ekonomi-jerman-usai-perang-pedagang-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke