Kompas.com - 11/06/2019, 13:14 WIB
Ilustrasi liburan maxsafIlustrasi liburan

NEW YORK, KOMPAS.com - Setiap orang butuh waktu untuk rileks dan mengisi kembali energi yang terserap rutinitas. Salah satu caranya adalah dengan liburan.

Saat berlibur, pastikan juga Anda tidak mengeluarkan uang secara berlebihan. Ini agar liburan Anda tidak berubah menjadi bencana keuangan.

Dikutip dari Prevention, Selasa (11/6/2019), berikut ini adalah 6 hal yang dapat dilakukan agar Anda hemat saat liburan.

1. Jangan bawa barang terlalu banyak

Cermatlah saat packing alias berkemas sebelum liburan, pastikan Anda tidak membaw terlalu banyak barang. Sebab, ini akan membuat Anda dapat menghemat biaya bagasi jika Anda terbang dengan maskapai penerbangan murah.

Jika Anda berlibur bersama teman, koordinasikan barang-barang yang bisa dibawa atau dipakai bersama.

Baca juga: Liburan Usai Lebaran? Perhatikan Hal ini Saat Pilih Maskapai

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Cari lokasi "anti mainstream"

Destinasi wisata yang sangat populer cenderung dipadati orang dan mahal. Saat merencanakan liburan, pastikan Anda mengetahui destinasi-destinasi anti mainstream namun menarik yang bisa Anda kunjungi.

3. Cari waktu terbaik

Anda disarankan untuk tidak liburan di waktu-waktu puncak alias peak season. Sebab, selain akan dipadati wisatawan, biayanya pun juga akan lebih mahal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.