BI Perluas Skema "Business Matching" untuk Investor dan Usaha Syariah

Kompas.com - 02/08/2019, 15:44 WIB
Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo KOMPAS.com/MUTIA FAUZIADeputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperluas skema temu bisnis ( business matching) usaha syariah kepada investor dan pelaku usaha syariah.

Hal ini untuk mendorong terciptanya ekosistem rantai nilai halal atau halal value chain dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

"Hal tersebut menjadi salah satu fokus penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) 2019 di tingkat regional," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo dalam mengutip laman BI, Jakarta, Jumat 2/8/2019).

Dody menjelaskan, melalui model bisnis halal value chain, BI tidak hanya mendorong keterhubungan antara local value chain dari pengembangan usaha syariah di domestik, namun juga ke tingkat yang lebih tinggi dalam lingkup global halal value chain.

"Dengan tujuan meningkatkan ekspor, serta menghadirkan alternatif produk untuk substitusi impor," tuturnya.

Baca juga: BI: Sekarang Saat yang Tepat Realisasikan Redenominasi

Dia menyampaikan, dengan mengusung tema “Penguatan Ekonomi Syariah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Regional”, FESyar Regional Sumatera ini berlangsung selama tiga hari, sejak 2-4 Agustus 2019 di Palembang. Ini meliput tiga kegiatan utama yaitu shari’a forum, shari’a fair, dan business matching.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kegiatan ini diharapkan dapat terus mendorong para pelaku ekonomi syariah bersama para pengambil kebijakan untuk terus memperkuat pengembangan dan implementasi ekonomi syariah yang selama ini telah dilakukan di berbagai wilayah Sumatera. Terlebih lagi dengan posisi Sumatera yang berada pada persimpangan antar berbagai negara, rencana pengembangan kawasan industri halal di pulau Batam dan Bintan," imbuhnya.

"Serta wisata halal di Kepulauan Riau dan Sumatera Barat, yang merupakan dua dari top 10 destinasi wisata halal di Indonesia, berpotensi semakin mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah Sumatera," tambahnya.

Penyelenggaraan FESyar Regional Sumatera merupakan rangkaian menuju FESyar Indonesia 2019 yang akan diselenggarakan pada November di Surabaya. FESyar Regional Sumatera merupakan FESyar pertama dari rangkaian FESyar di tingkat regional.

Di regional Sumatera, pelaksanaan FESyar telah diawali dengan agenda Pra-FESyar (Road to FESyar) di berbagai kota di regional Sumatera. Selanjutnya, FESyar ke-2 akan diselenggarakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.