Kementan-BPS Rujuk, RI Akan Punya Data Pertanian Baru

Kompas.com - 07/11/2019, 17:32 WIB
Ilustrasi pertanian Ervan Hardoko/KOMPAS.comIlustrasi pertanian

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah memastikan sudah ada kesepakatan antara Kementerian Pertanian dengan Badan Pusat Statistik ( BPS) terkait data pertanian.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto pun menjamin Indonesia akan memiliki satu data pertanian baru mulai 2020.

“Khusus pertanian. Tadi ada kesepakatan soal itu, tinggal teknis kalibrasinya. Tinggal surat Menteri ATR, BPS baru ke kementerian,” ujarnya usai rapat koordinasi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

“Insya Allah tahun depan, (Indonesia) punya data baru untuk pertanian,” sambung pria yang juga Ketua Partai Golkar tersebut.

Selama ini kerap terjadi perdebatan data antara data Kementerian Pertanian dengan BPS. Hal ini terjadi lantaran data kedua instansi tersebut kerap berbeda.

Baca juga: Pengamat: Data Pertanian Berantakan, Harga Pangan Tak Terkendali

Akibatnya, dalam Kabinet Kerja 2014-2019 lalu, pemerintah kesulitan menggunakan data acuan. Meski BPS adalah badan statistik nasional, namun Kementerian Pertanian punya data tersendiri.

Persoalan ini sempat disampaikan oleh mantan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution. Direktur Utama Bulog Budi Waseso juga sempat buka suara soal beda data BPS dan Kementan kepada publik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X