Pemain Asing Bakal Ramaikan Dana Pensiun di Indonesia

Kompas.com - 13/01/2020, 05:10 WIB
Ilustrasi dana pensiunan Shutterstock.comIlustrasi dana pensiunan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemain asing akan meramaikan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) di Indonesia.  Masih rendahnya penetrasi pasar dana pensiun membuat investor asing tertarik masuk ke bisnis ini.

Ketua Umum Perkumpulan DPLK Nur Hasan Kurniawan menyebutkan, pemain besar dari Amerika Utara tertarik masuk tapi belum mendirikan perusahaan asuransi maupun bank di Indonesia.

Sesuai ketentuan, pendirian DPLK berasal dari bank dan asuransi jiwa yang berbadan hukum di Indonesia.

Baca juga: Soal Dana Pensiun, DPLK Bisa Jadi Opsi

Seperti dikutip dari Kontan.co.id, Minggu (12/1/2020), Nur Hasan mengatakan, sejak tiga tahun belakakangan, pihaknya melihat pemain asing yang masuk berasal dari benua Eropa hingga Asia. Selain asing, pemain lokal dari bank dan asuransi jiwa juga bersiap di tahun ini.

“Kira-kira ada beberapa (pemain) yang masuk dari asing dan lokal pada 2020, semakin banyak masuk ke DPLK tentunya lebih bagus,” kata dia.

Namun Nur Hasan enggan menyebutkan siapa saja yang akan masuk ke bisnis dana pensiun ini. Yang terpenting, potensi pemain asing ketika masuk ke Indonesia mau mengembangan inovasi baru dalam hal pemasaran serta strategi operasional di Indonesia dengan tetap mempertimbangkan aturan pemerintah.

Saat ini tercatat 27 DPLK terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dari jumlah tersebut, ada empat pemain baru selama dua tahun terakhir. Mereka adalah Tokio Marine DPLK, Capital Life DPLK, AXA Mandiri DPLK dan WanaArtha DPLK.

Baca juga: Tiru Kanada, Erick Thohir Mau Dana Pensiun Karyawan BUMN Dilebur

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X