Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Buat CV tapi Belum Ada Pengalaman Kerja? Begini Caranya

Kompas.com - 13/01/2020, 12:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Popsugar

NEW YORK, KOMPAS.com - Membuat curriculum vitae atau CV merupakan hal yang penting dalam proses melamar kerja. CV memuat informasi penting tentang Anda yang menjadi bekal perusahaan dalam merekrut.

Salah satu hal yang lazim dicantumkan dalam CV adalah pengalaman kerja. Akan tetapi, bagaimana dengan fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali?

Jangan khawatir, dilansir dari Popsugar, Jumat (10/1/2020), berikut cara menyusun CV untuk fresh graduate atau Anda yang belum punya pengalaman kerja.

1. Mulailah dengan tujuan karier

Tujuan karier bukanlah untuk mengatakan kepada pihak HR tentang apa yang Anda harapkan atau peroleh dari perusahaan.

Sebaliknya, tujuan karier yang dimaksud adalah untuk menunjukkan kemampuan dan keterampilan Anda yang akan membantu Anda sukses menjalankan tanggung jawab pada posisi yang dilamar.

Tujuan karier layak dicantumkan pada surat lamaran kerja dan ringkasan pada CV Anda yang belum memiliki pengalaman kerja, karena menekankan karakter dan kepribadian yang membuat Anda cocok untuk posisi tersebut.

Baca juga: Membuat CV, Perlukan Mencantumkan Hobi dan Minat?

Mulailah dengan karakter-karakter yang membuat Anda bernilai untuk perusahaan. Ini tentu saja akan menarik perhatian perekrut.

Ini adalah beberapa contoh cara penyusunan tujuan karier dalam surat lamaran kerja bagi fresh graduate.

"Saya adalah lulusan baru perguruan tinggi (IPK 3,6) dengan kemampuan interpersonal dan riset yang baik. Saya ingin menggunakan kemampuan saya agar sukses menjalankan posisi di perusahaan Anda. Antusiasme saya untuk mempelajari hal-hal baru akan membantu perusahaan mencapai tujuannya."

Contoh lainnya adalah seperti ini.

"Saya baru saja lulus dari universitas (IPK 3,5) dengan gelar Sarjana (isi dengan gelar sarjana Anda). Saya ingin mengaplikasikan pengalaman saya di organisasi kemahasiswaan dan penghargaan riset saya untuk secara efektif memenuhi persyaratan (posisi pekerjaan yang dilamar) di perusahaan Anda. Saya adalah pekerja yang antusias, berkeinginan kuat untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya, dan menjalankan tanggung jawab yang diberikan."

Baca juga: 10 Kata yang Harus Dihindari di CV saat Melamar Kerja

Tujuan karier semacam ini cukup kuat, sebab menunjukkan karakteristik Anda sebagai pelamar yang akan dinilai oleh perusahaan. Selain itu, jika IPK Anda di atas 3,0 maka cantumkanlah agar perekrut tertarik pada Anda.

Pastikan juga Anda menyertakan jurusan kuliah Anda. Selain itu, jelaskan pengalaman atau karakteristik yang dapat dibuktikan dan relevan dengan posisi yang Anda lamar.

2. Perluas kolom pendidikan

Bagi kaum profesional atau pekerja yang sudah berpengalaman, kolom pendidikan pada CV kerap sangat ringkas dan hanya membuktikan bahwa Anda memiliki gelar akademik.

Biasanya, dalam kolom pendidikan hanya disertakan nama perguruan tinggi, jurusan, tahun lulus, dan IPK.

Halaman:
Sumber Popsugar
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com