Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut: China Sudah Paham Kebijakan RI Soal Penghentian Penerbangan dan Impor

Kompas.com - 06/02/2020, 20:48 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meyakini keputusan Indonesia untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona dari China tak akan mengganggu kerja sama kedua negara.

Seperti diketahui, pemerintah menghentikan sementara penerbangan dari dan ke China serta membatasi impor dari China untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

"Enggak juga (mengganggu kerja sama bilateral). Dia sudah paham soal itu," ujarnya di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Batik Air Kurangi Penerbangan ke Thailand

Pemerintah menyatakan, penghentian sementara layanan penerbangan dari dan ke China sejak 5 Februari 2020 sudah sesuai imbauan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Luhut juga mengatakan, aturan penghentian penerbangan akan dievaluasi secara berkala sembari menunggu perkembangan terkait penyebaran virus Corona di China.

"Kami sudah bilang evaluasi tiap dua hari. Kita juga enggak boleh lari dari WHO, kami ikuti. Harus comply dengan itu," ucapnya,

Baca juga: Gelar Pertemuan dengan OJK, Korban Jiwasraya Merasa Dipingpong

Sebelumnya, Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian menilai penghentian impor sejumlah produk dari China oleh Indonesia berpotensi berdampak negatif terhadap hubungan perdagangan kedua negara.

Xiao mengatakan, hingga kini belum ada bukti bahwa virus Corona dapat ditularkan melalui barang-barang impor. Bahkan ucapnya, WHO sebelumnya telah menyatakan ketidaksetujuannya atas tindakan pembatasan perdagangan ke China.

Xiao Qian merujuk pernyataan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus yang menyatakan tidak ada alasan untuk mengintervensi perdagangan dan perjalanan internasional terkait virus Corona.

Oleh karena itu, Dubes Xiao berharap agar Indonesia dapat mempertimbangkan saran WHO.

Baca juga: Virus Corona Kian Mengkhawatirkan, Diler Tesla di China Mulai Tutup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com