Pemangkasan Suku Bunga BI Bakal Disusul Stimulus Fiskal?

Kompas.com - 21/02/2020, 11:49 WIB
Logo Bank Indonesia (BI). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo Bank Indonesia (BI).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) kembali memangkas suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 4,75 persen pada Kamis (20/2/2020).

Pemotongan suku bunga ini membuat BI bergabung dengan bank-bank sentral negara China, Malaysia, dan Thailand yang telah menjalankan pelonggaran kebijakan moneter pada 2020.

Pemangkasan suku bunga BI juga diikuti oleh pelonggaran Rasio Intermediasi Makroprudensial (RIM), khususnya melalui perluasan pendanaan dan bidang pembiayaan untuk cabang bank asing.

Baca juga: BI Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 4,75 Persen

Ekonom Bahana Sekuritas Putera Satria Sambijantoro mengatakan, langkah Bank Indonesia menunjukkan jelas sebagai respon merebaknya wabah virus corona (COVID-19) yang dilihat BI sebagai risiko bagi perekonomian Indonesia melalui 4 saluran.

Satria bilang, dalam pernyataan kebijakannya, BI menyebut wabah virus corona membuat bank sentral benar-benar khawatir atas dampak negatifnya terhadap ekonomi riil.

Padahal kekhawatiran tersebut tak disebut sama sekali selama pertemuan moneter pada 22-23 Januari 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, Gubernur BI Perry Warjiyo berpendapat perlambatan ekonomi akan berbentuk V-shape, memprediksi setiap perlambatan pertumbuhan di kuartal I 2020 akan diikuti oleh rebound cepat di semester kedua.

"Oleh karena itu, pelonggaran terbaru bisa menjadi "insurance cut". BI menilai virus corona akan memang mengganggu rantai pasokan global namun dalam jangka pendek, sebenarnya tidak akan menyebabkan kerusakan pada fundamental ekonomi jangka panjang Indonesia," jelas Satria dalam laporannya, Jumat (21/2/2020).

Baca juga: BI Revisi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020 Akibat Corona

Satria menuturkan, hal itu berarti BI mungkin perlu jeda lama sebelum menurunkan suku bunga lagi.

"Kami memperkirakan pemotongan suku bunga 25 basis poin (bps) akan diluncurkan pada 2H20," jelas Satria.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.