Dijaga BI, Rupiah Pagi Lanjutkan Penguatan

Kompas.com - 03/03/2020, 09:02 WIB
Ilustrasi dollar AS KOMPAS/RIZA FATHONIIlustrasi dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Selasa (3/3/2020) kembali menguat.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 08.54 WIB, rupiah berada di level Rp 14.222 per dollar AS atau menguat 0,30 persen dibanding penutupan Senin Rp 14.265 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, sentimen positif masuk ke pasar keuangan karena stimulus yang diberlakukan Bank Indonesia (BI).

" Rupiah juga kemarin (sempat) menguat karena program stimulus yang diumumkan BI," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Ramai Kabar Virus Corona Masuk Indonesia, Rupiah Malah Menguat

Meskipun berbagai negara melakukan intervensi yang menarik bagi investor, namun dikhawatirkan sentimen domestik virus corona bakal menahan pergerakan rupiah hari ini.

"Sentimen positif ini mungkin bisa mendorong penguatan rupiah hari ini. Tapi pasar mulai mengkhawatirkan perkembangan virus corona yang sudah mulai terjadi di Indonesia, yang bisa menjadi penekan rupiah," ungkapnya.

Sementra itu, ada beberapa stimulus yang dilakukan pasar global, antara lain pemangkasan suku bunga acuan Bank Sentral AS bulan ini.

Bank Sentral Jepang juga melakukan operasi pasar dengan membeli obligasi sebesar 500 miliar yen. Dengan begitu, diharapkan pergerakan saham Asia bisa positif.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.180 per dollar AS sampai dengan Rp 14.350 per dollar AS.

Baca juga: Redam Dampak Corona, Sri Mulyani Longgarkan Izin Impor Bahan Baku



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X