Kemenhub Pastikan Tak Ada Penutupan Penerbangan, Kecuali ke China

Kompas.com - 19/03/2020, 19:35 WIB
Area check-in counter di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta SYIFA NURI KHAIRUNNISAArea check-in counter di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memastikan tidak ada penutupan penerbangan ke negara selain dari/ke China yang telah diterapkan sejak 5 Febuari 2020.

"Dipastikan tidak ada kebijakan penutupan sementara penerbangan internasional, kecuali dari dan ke RRT (China),” kata Direktur Jendral Perhubungan Udara, Novie Riyanto dalam keterangannya, Kamis (19/3/2020).

Penerbangan tetap akan dibuka meski Kementerian Luar Negeri mengeluarkan kebijakan Pembatasan Lalu Lintas Orang mulai besok, Jumat (20/3/2020) akibat wabah virus corona.

Baca juga: Ini Contact Center Bandara untuk Cek Layanan Penerbangan Terdampak Corona

Alih-alih menutup penerbangan, penumpang yang datang dengan menggunakan penerbangan internasional wajib mengisi formulir Health Alert Card (HAC).

Nantinya, penumpang yang memiliki riwayat perjalanan mengunjungi beberapa negara dalam 14 hari terakhir akan ditolak masuk ke Indonesia.

Negara-negara yang dimaksud antara lain China, Iran, Italia, Korea Selatan (Daegu dan Provinsi Gyeongsangbuk-do), Vatikan, Spayol, Perancis, Jerman, Swiss, dan Inggris.

"Sedangkan bagi warga negara Indonesia yang memiliki riwayat kunjungan ke negara-negara tersebut akan dilakukan pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)," ucap Novie.

Novie yang juga Ketua Komite Fasilitasi Nasional (FAL) Udara memastikan pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait beserta anggota FAL untuk memastikan agar kebijakan pemerintah berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur.

Baca juga: AP II: Hanya Penerbangan dari dan ke China yang Ditutup di Bandara Soekarno-Hatta

"Kami bersama dengan Kementerian/Lembaga dan stakeholder penerbangan yang bergabung dalam Komite FAL akan terus bekerja keras untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui jalur transportasi udara, " tutup Novie.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X