Kompas.com - 04/05/2020, 17:28 WIB
Ilustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia. SHUTTERSTOCK/LEONY EKA PRAKASAIlustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine mengakui cashflow perusahaannya terganggu selama pandemi Covid-19.

Untuk menghadi situasi tersebut, lanjut Veranita, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah. Salah satunya dengan cara pemotongan gaji karyawan.

“Jujur ada yang mendapatkan pengurangan pengupahan termasuk saya,” ujar Veranita saat teleconference dengan wartawan, Senin (4/5/2020).

Baca juga: Ada Larangan Mudik, AirAsia Alihkan Layanannya ke Pengangkutan Kargo

Namun, Veranita tak merinci berapa besaran pengurangan upah para karyawannya tersebut. Menurut dia, pemotongan gaji tersebut dilakukan bervariasi.

“Prinsipnya jajaran manajemen atas itu menanggung lebih banyak, saya (dipotong gaji) 50 persen. Begitu juga jajaran yang dibawahnya, ada bervariasi,” kata dia.

Saat ditanya apakah karyawannya tetap mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), Veranita belum bisa memastikannya. Sebab, saat ini hal tersebut dalam tahap pengkajian lebih lanjut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami lagi hitung-hitung nih, doakan ya,” ucap dia.

Sebelumnya, PT Garuda Indonesia Tbk mengambil kebijakan untuk memotong gaji para karyawannya di tengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut diketahui berdasarkan Surat Edaran Nomor JKTDZ/SE/70010/2020 tentang Ketentuan Pembayaran Take Home Pay Terkait Kondisi Pandemi COVID-19.

Surat edaran tersebut pun dibenarkan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

“Dengan sangat terpaksa direksi harus mengambil langkah yang bertujuan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan, salah satunya adalah dengan melakukan pemotongan pembayaran take home pay,” demikian bunyi surat edaran tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.