Tutup Sementara 2 Pabrik, Sampoerna Pastikan Karyawan Dapat Gaji dan THR

Kompas.com - 11/05/2020, 17:38 WIB
Penjual anggota Komunitas Ritel Sampoerna menunjukan stiker Program Pencegahan Akses Pembelian Rokok oleh Anak-anak (PAPRA) di bawah usia 18 tahun di Toko Mm - Qia di Cipete, Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2017). KRISTIANTO PURNOMOPenjual anggota Komunitas Ritel Sampoerna menunjukan stiker Program Pencegahan Akses Pembelian Rokok oleh Anak-anak (PAPRA) di bawah usia 18 tahun di Toko Mm - Qia di Cipete, Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) menghentikan sementara operasional dua pabriknya yang berlokasi di Surabaya, yaitu Rungkut 1 dan Rungkut 2 hingga 1 Juni 2020.

Kegiatan produksi akan dimulai kembali pada 2 Juni 2020.

Keputusan ini diambil untuk mendukung pelaksanaan PSBB di Surabaya Raya dalam rangka menghentikan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Baca juga: Karyawannya Positif Covid-19, Ini yang Dilakukan HM Sampoerna

Kendati dua pabriknya ditutup sementara, Sampoerna memastikan ketersediaan pasokan produknya. Sebab, hingga kini empat pabrik lainnya masih beroperasi.

“Keputusan kami untuk menghentikan kegiatan produksi selama tiga minggu ini adalah bentuk dukungan kami untuk ikut memutus tali penyebaran Covid-19 di Surabaya,” ujar Direktur Sampoerna Elvira Lianita dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/5/2020).

Elvira menambahkan, selain menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan, Sampoerna juga berkomitmen untuk menjamin stabilitas ekonomi karyawannya.

Sampoerna berkomitmen untuk tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) selama masa pandemi ini dan memberikan gaji secara penuh, termasuk menerima Tunjangan Hari Raya (THR).

Baca juga: Karyawan Positif Covid-19, HM Sampoerna Karantina Rokok Sebelum Dipasarkan

“Komitmen Sampoerna terkait penerapan protokol kesehatan yang ketat, serta jaminan stabilitas pekerjaan dan penghasilan karyawan ini sejalan dengan himbauan Pemerintah agar semua pihak bergotong royong, saling membantu dan melakukan upaya terbaik agar Indonesia segera keluar dari situasi pandemi Covid-19 dengan tetap menjaga stabilitas sosial ekonomi,” kata Elvira.

Elvira menuturkan, saat ini perusahaanya memfokuskan terhadap dua aspek.

Pertama, memberikan upaya dan dukungan terbaik bagi para karyawan yang terdampak Covid-19 agar mereka mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Kedua, memberikan semangat positif, motivasi dan edukasi bagi seluruh karyawan agar mereka patuh menerapkan protokol kesehatan dan gaya hidup sehat sesuai anjuran pemerintah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X