Jonan: Kalau Perlu Jual Gedung, Dibanding PHK Orang...

Kompas.com - 15/05/2020, 13:01 WIB
Jonan beli mobil SMK (Instagram Iganasius Jonan) Jonan beli mobil SMK (Instagram Iganasius Jonan)Jonan beli mobil SMK (Instagram Iganasius Jonan)

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyarankan kepada pelaku usaha untuk menghindari pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam rangka melakukan efisiensi di tengah pandemi Covid-19.

Menurut dia, PHK adalah opsi terakhir yang bisa diambil pengusaha di tengah tekanan pandemi Covid-19.

Pria yang juga sempat menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia itu menilai, berbagai langkah efisiensi lain masih bisa ditempuh oleh pengusaha, mulai dari pemotongan gaji pegawai hingga menjual aset perusahaan.

Baca juga: Jonan Nilai Buka Suara Soal Langkah Erick Thohir Rombak Direksi PT KAI

Sebab sebut Jonan, pengusaha akan jauh lebih sulit mendapatkan pegawai yang sudah berpengalaman ketimbang aset baru.

"Kalau perlu jual gedung dibanding cutting people, menurut saya loh," ujarnya dalam sebuah seminar virtual, Jumat (15/5/2020).

Lebih lanjut, Jonan mengatakan, PHK dalam intensitas tinggi dapat mengakibatkan permasalahan baru, yakni kesenjangan sosial.

"Kalau kita coba lay off dampaknya akan besar sekali," katanya.

Baca juga: Saat Jadi Menhub, Jonan Pernah Tolak Keluarkan Izin Kereta Cepat JKT-BDG

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X