LIPI: 39,4 Persen Usaha di Indonesia Terhenti Akibat Pandemi Covid-19

Kompas.com - 19/05/2020, 21:45 WIB
Ilustrasi PHK Dok. JobplanetIlustrasi PHK

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), pandemi Covid-19 sangat memukul dunia ketenagakerjaan di Indonesia. Hal ini dilihat dari sisi pekerja, pengusaha dan usaha mandiri.

Dari sisi pengusaha, pandemik menyebabkan terhentinya kegiatan usaha dan rendahnya kemampuan bertahan pengusaha.

“Hasil survei mencatat 39,4 persen usaha terhenti, dan 57,1 persen usaha mengalami penurunan produksi. Hanya 3,5 persen yang tidak terdampak,” kata Pusat Penelitian Kependudukan LIPI Ngadi melalui keterangan tertulis, Selasa (19/5/2020).

Baca juga: Imbas Virus Corona, Agoda PHK 1.500 Karyawan

Selanjutnya, kemampuan bertahan di kalangan dunia usaha juga mengalami keterbatasan. Sebanyak 41 persen pengusaha hanya dapat bertahan kurang dari tiga bulan. Artinya pada bulan Agustus usaha mereka akan terhenti.

Sebanyak 24 persen pengusaha mampu bertahan selama 3-6 bulan, 11 persen mampu bertahan selama 6-12 bulan ke depan, dan 24 persen mampu bertahan lebih dari 12 bulan.

Sementara dampak Covid-19 pada usaha mandiri membuat usaha menjadi terhenti dan sebagian mengalami penurunan produksi. Sebanyak 40 persen usaha mandiri terhenti kegiatan usahanya, dan 52 persen mengalami penurunan kegiatan produksi.

“Hal ini berdampak 35 persen usaha mandiri tanpa pendapatan dan 28 persen pendapatan menurun hingga 50 persen,” paparnya. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X