Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi New Normal, Begini Persiapan Perbankan di Indonesia

Kompas.com - 25/05/2020, 19:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Era normal baru (new normal) sebagai langkah pemulihan ekonomi dan industri sudah di depan mata.

Industri perbankan khusus plat merah pun sudah mempersiapkan sederet skenario, sejalan dengan arahan dari Kementerian BUMN dalam surat Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.

Tentunya, dalam era normal baru ini fitur dan layanan digital bakal menjadi ujung tombak operasional bank ke depan.

Baca juga: Panduan Lengkap Penerapan New Normal yang Wajib Dipatuhi Perusahaan

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) misalnya yang akan mengintensifkan layanan digital pada outlet-outlet konvensional BNI.

“Terkait dengan operasional pembukaan outlet, akan menyesuaikan dengan instruksi terkait dengan keadaan suatu daerah terhadap PSBB-nya. Kenyamanan dan pelayanan nasabah berbasis protokol Covid-19 diutamakan,” ujar Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati pekan lalu.

Bukan cuma itu, Susi, sapaan akrab Adi Sulistyowati juga menyebut akan melakukan perampingan gerai konvensional perusahaan. Perusahaan akan melakukan perubahan tatanan pekerja dari tatap muka menjadi lebih ke sistem digital.

Ini diharapkan dapat mengubah pola pikir dan tatanan layanan yang biasa menjadi lebih efektif dan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Simak, Jadwal Lengkap Operasional 4 Bank Besar Selama Lebaran

Kemudian, BNI juga akan menjalankan aturan karyawan di atas 45 tahun untuk bekerja dari rumah atau work from home. Sementara untuk usia kurang dari 45 tahun dapat menjalani aktivitas di kantor.

Meski demikian, perusahaan tetap memberikan penugasan dan target yang bisa dijalankan selama karyawan berada di rumah. Bahkan, BNI sudah menyiapkan skenario terburuk apabila ada karyawannya yang terinfeksi virus corona.

Sejauh ini pun sebenarnya transaksi digital BNI terus meningkat. Misalnya saja, mobile banking BNI dari sisi volume transaksi sudah mencapai Rp 103 triliun di kuartal I 2020 atau naik 84,4 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com