Hadapi New Normal, Kemenhub Gandeng 4 Perguruan Tinggi ini

Kompas.com - 02/06/2020, 15:08 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi saat melakukan pengecekan kesiapan di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (1/3/2020). ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARAMenhub Budi Karya Sumadi saat melakukan pengecekan kesiapan di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (1/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan melalui Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) menggandeng para akademisi dari empat perguruan tinggi untuk menyusun kebijakan di sektor transportasi menghadapi situasi normal baru atau new normal.

Keempat perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Kerja sama ini ditandai dengan ditandatanganinya nota kesepahaman antara Balitbanghub dengan keempat perguruan tinggi.

“Kolaborasi antara Lembaga Pemerintah dan unsur terkait seperti para akademisi dari Perguruan Tinggi menjadi kunci utama dalam mendukung kesiapan penerapan tatanan kehidupan baru pada sektor transportasi,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Selasa (2/6/2020).

Baca juga: New Normal, Kemenhub Kaji Kenaikan Tarif Angkutan Darat

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah memberikan pukulan telak, terutama pada sektor transportasi.

Oleh karenanya, strategi pemulihan harus segera disusun agar dampaknya dapat segera dimitigasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Secara khusus Presiden Joko Widodo telah memberikan gambaran pola kehidupan baru dimana masyarakat dapat kembali beraktivitas dengan produktif namun tetap aman dari penularan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Balitbanghub Umiyatun Hayati memastikan, pihaknya akan mendengarkan segala masukan yang akan menjadi pertimbangan dalam menyusun strategi ataupun langkah yang harus disiapkan di sektor transportasi dalam situasi kenormalan baru, baik dari akademisi, para ahli kesehatan, para operator transportasi, dan stakeholders lainnya, termasuk dari anggota masyarakat.

“Pertemuan ini nantinya akan ditindak lanjuti dengan rangkaian diskusi dan joint research sehingga dalam jangka pendek diharapkan dapat memberikan masukan tentang evaluasi kebijakan dan persiapan new normal,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.