Reksa Dana Apa yang Cocok Dipilih untuk Investor Pemula Saat Pandemi?

Kompas.com - 08/06/2020, 18:12 WIB
Ilustrasi investasi Dok. ShutterstockIlustrasi investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 bukan tak mungkin membuat Anda gagal mendapat uang ekstra dari investasi. Kendati demikian, cara dan tempat menyimpannya akan sangat menentukan berapa uang yang bisa dihasilkan.

Spesialis Investasi PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Dimas Ardhinugraha mengatakan, reksa dana dapat dipertimbangkan sebagai instrumen investasi di masa pandemi Covid-19.

Pasalnya, reksa dana dikelola oleh manajer investasi profesional dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga pengelolaan investasi dilakukan secara pruden.

Baca juga: Sambut New Normal, Ini Strategi Yakinkan Nasabah Reksa Dana

"Bagi investor pemula, saya merekomendasikan reksa dana pasar uang untuk mencoba mekanisme investasi di reksa dana," kata Dimas dalam siaran pers, Senin (8/6/2020).

Dimas merinci, ada beberapa faktor yang membuat reksa dana cocok dipilih sebagai instrumen investasi untuk pemula.

Dia mengungkap, reksa dana memiliki variasi jenis kelas aset yang memiliki tingkat risiko berbeda, dari yang konservatif hingga agresif. Jadi, reksa dana memberi pilihan bagi investor menyesuaikan profil risiko dan kebutuhan investasi.

Selain itu, kata Dimas, reksa dana menerapkan prinsip diversifikasi, yakni portofolio investasi reksa dana berisi dari berbagai jenis saham, obligasi, atau instrumen pasar uang.

Baca juga: Strategi Pengelolaan Reksa Dana di Era New Normal

Reksa dana pasar uang misalnya, memiliki tingkat risiko konservatif dengan potensi imbal hasil kompetitif dengan deposito.

"Manfaatkan reksa dana pasar uang untuk membuat uang keringetan alias bekerja keras. Reksa dana pasar uang memiliki tingkat risiko yang rendah dan bersifat likuid alias bisa dicairkan kapan saja tanpa biaya keluar/masuk," pungkas Dimas.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X