Apa Kelebihan Investasi ORI017? Ini Kata Perencana Keuangan

Kompas.com - 13/06/2020, 07:51 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi investasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perencana keuangan bersertifikat dari ZAP Finance Prita Ghozie mengatakan, banyak masyarakat Indonesia yang lebih sadar untuk memiliki dana darurat di masa pandemi virus corona (Covid-19).

Masyarakat pun mulai mencari informasi tentang investasi yang risikonya bisa dikelola dengan baik. 

Oleh sebab itu, dia menyarankan para investor untuk berinvestasi pada instrumen Obligasi Negara Ritel (ORI) seri 017 atau ORI017 yang akan ditawarkan mulai 15 Juni-9 Juli 2020.

Baca juga: ORI017 Bisa Menjadi Alternatif Investasi di Tengah Pandemi

"Pada segmen investor rumah tangga, yang penting investasi itu likuid, sewaktu-waktu bisa dicairkan. Aman itu, saya bisa mendapatkan kembali uang saya, bebas risiko gagal bayar, aman dan nyaman. Bebas tipu-tipu, dijamin oleh negara," katanya dikutip dari situs Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Sabtu (13/6/2020).

Menurut Prita, investasi pada instrumen obligasi lebih menguntungkan jika dibanding deposito.

Sebab, obligasi menawarkan imbal hasil yang lebih tinggi, cukup likuid atau bisa dicairkan karena bisa dijual sebelum jatuh tempo di pasar sekunder.

Selain itu, investasi di Surat Berharga Negara (SBN) Ritel juga dijamin keamanan dari risiko kerugian. Prita menjelaskan, investasi tersebut dijamin oleh pemerintah melalui undang-undang. 

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Investasi ORI017 Saat Pandemi

Pada kesempatan yang sama, Staf Khusus Menteri Keuangan Masyita Crystallin menjelaskan bahwa investor yang berinvestasi pada instrumen keuangan negara turut andil membantu negara membiayai pembangunan lewat pembiayaan APBN.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X