Pangsa Pasar Bank Asing Masih Kecil di RI, Begini Rinciannya

Kompas.com - 09/07/2020, 18:09 WIB
Ilustrasi bank Thinkstockphotos.comIlustrasi bank

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pangsa pasar bank asing masih minim di RI, dari total 40 bank yang masuk definisi bank asing, baik berupa kantor cabang maupun kepemilikan mayoritas.

Direktur Eksekutif Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK Anung Herlianto mengatakan, pangsa pasar bank asing hanya sekitar 27 persen. Terdiri dari 22,77 persen kepemilikan asing dan 4,19 persen kantor cabang bank asing (KCBA).

"Sebagian besar khawatir asing akan masuk dan banyak menguasai pangsa kita, hanya 27 persen. Dan ini tidak beranjak banyak sejak 2-4 tahun yang lalu. malah asing pada waktu sebelumnya pernah hampir 32 lersen dan porsinya terus menurun," kata Anung dalam webinar Infobank, Kamis (9/7/2020).

Baca juga: Petinggi Bank-bank Papan Atas Nasional Temui Menko Perekonomian, Apa yang Dibahas?

Anung menuturkan, pangsa pasar mayoritas masih dikuasai oleh bank domestik. Tercatat, pangsa pasar bank domestik mencapai 73 persen, dikuasai 43,19 persen pemerintah (persero), BPD 8,35 persen, dan 21,49 persen swasta nasional.

" Bank domestik masih menguasai meskipun kita perlu invite asing karena perlunya modal," sebut Anung.

Dari sisi kredit, pangsa pasar juga masih dikuasai bank domestik, terdiri dari bank pemerintah yang menguasai 43 persen kredit, diikuti swasta nasional 24 persen, dan kepemilikan asing 21 persen.

Sementara itu, pangsa pasar DPK dikuasai oleh 41 persen pemerintah, 23 persen swasta nasional, dan 22 persen kepemilikan asing. Porsi ini tidak jauh berbeda dengan pangsa penyaluran kredit.

Lebih lanjut Anung menuturkan, saat ini ada 110 bank yang berdiri di Indonesia, yang terdiri dari bank BUKU 4 sebanyak 7 bank, BUKU 3 sebanyak 26 bank, BUKU 2 sebanyak 63 bank, dan BUKU I sebanyak 14 bank.

Dari sisi pangsa pasar, 77 bank BUKU I dan bank BUKU 2 hanya menguasai 13 persen. Sedangkan BUKU 4 menguasai sekitar 58,24 persen pangsa pasar, diikuti BUKU 3 sebesar 30,44 persen.

"Struktur perbankan kita yang 110 bank itu dikuasai sejumlah kecil bank dengan market size besar. Bahwa memang kompetisi seperti ini di sektor keuangan adalah struktur oligopolitik," sebut Anung.

Baca juga: Bank Jago Bakal Kembangkan Layanan Tech Base Bank, Apa Itu?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X