Dampak Covid-19, Perusahaan Farmasi Asal AS Pangkas 4.000 Karyawan

Kompas.com - 10/07/2020, 13:13 WIB
Ilustrasi PHK akibat Covid-19 Shutterstock/Blue Planet StudioIlustrasi PHK akibat Covid-19

NEW YORK, KOMPAS.com - Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Walgreens Boots Alliance memberhentikan 4.000 karyawannya yang berada di Boots, anak perusahaan yang berlokasi di Inggris.

Pemutusan hubungan kerja ( PHK) tersebut di dorong penurunan tajam dalam bisnis Walgreens di sana, sebagai akibat dari pelemahan ekonomi ditengah pandemi Covid-19.

Menguti CNN, Jumat (10/7/2020), meskipun jumlah PHK karyawan Boots itu hanya setara 7 persen dari total 440.000 karyawan Walgreens di seluruh dunia, tapi itu tetap menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan memang terdampak selama masa pandemi. 


Baca juga: Lagi, Maskapai Emirates PHK Pilot dan Awak Kabin

Walgreens mengumumkan PHK massal pada Kamis (9/7/200) waktu setempat, seiring dengan kinerja kuartalan yang buruk.

Pendapatan perusahaan turun 43 persen yang menyebabkan kerugian mencapai 1,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 23 triliun (kurs Rp 14.300 per dollar AS).

Saham Walgreens juga turun 8 persen dan telah jatuh hampir 35 persen sepanjang tahun ini.

Selain kerugian di Inggris, penurunan penjualan juga terjadi di Amerika Serikat. Penjualan keseluruhan perusahaan turun sekitar 700 juta dollar AS menjadi 750 juta dollar AS.

Tingkat kunjungan masyarakat Inggris ke toko Boots turun 85 persen pada April 2020, karena kebijakan penutupan wilayah dan menjaga jarak. Ini sangat berdampak pada penjualan perusahaan.

Baca juga: Penjualan Melorot 62 Persen, Levis Bakal PHK 700 Pegawai

Perusahaan mengatakan, sebagian besar toko Boots tetap buka selama kebijakan penutupan wilayah, tapi untuk gerai produk kecantikan memang efektif ditutup.

Perusahaan untuk sementara waktu menutup lebih dari 100 toko Boots di perkotaan, baik yang berlokasi di stasiun kereta api dan bandara.

Kendati demikian, Walgreens memang telah menutup sebagian tokonya secara permanen di AS dan Inggris selama setahun terakhir.

 

Halaman:


Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X