Menko Airlangga: Tak Terapkan "Lockdown", Ekonomi RI Lebih Baik dari Negara Lain

Kompas.com - 17/07/2020, 17:01 WIB
Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto dalam Webinar bertajuk Strategi Pemulihan Ekonomi Dalam Era Tatanan Baru Perspektif Ekonomi dan Sosial, Jumat (26/06/2020). Dok. Youtube Direktorat InovkorMenko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto dalam Webinar bertajuk Strategi Pemulihan Ekonomi Dalam Era Tatanan Baru Perspektif Ekonomi dan Sosial, Jumat (26/06/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, kinerja perekonomian Indonesia lebih baik jika dibandingkan dengan negara lain yang menerapkan kebijakan lockdown atau isolasi total wilayah.

Dalam penanganan pandemi virus corona (Covid-19), pemerintah pun memutuskan untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Airlangga pun membandingkan kinerja perekonomian Indonesia dengan beberapa negara seperti Malaysia, Thailland, hingga Filipina.

Baca juga: Imbas Lockdown, Uber PHK 600 Karyawannya di India

Singapura, yang secara resmi telah mengumumkan realisasi kinerja perekonomian kuartal II menunjukkan kontraksi cukup dalam, yaitu 12,6 persen.

"Di dalam kuartal II berbagai negara pertumbuhan ekonomi negatif akibat dari kegiatan pencegahan Covid-19 dalam bentuk lockdown, berbagai negara turun cukup dalam," ujar dia dalam peluncuran Digital Kredit UMKM (DigiKU) melalui video conference, Jumat (17/7/2020).

Dia merinci, untuk Malaysia pertumbuhan ekonomi pada kuartal II tahun ini diperkirakan negatif 8,4 persen, Thailand -11,1 persen, Filipina -17,6 persen.

Selain itu juga Brazil -11 persen dan India bahkan -20 persen.

Pemerintah pun memproyeksi pada kuartal II tahun ini pertumbuhan ekonomi akan tertekan hingga tumbuh negatif 3,8 persen sampai 4,2 per

"Bahkan ada prediksi mendekati 4,5 persen," ujar dia.

Baca juga: Bank Dunia Proyeksi Ekonomi RI Tak Tumbuh, Penduduk Miskin Naik 8 Juta

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X