KILAS

Telkom Catatkan Laba Bersih Rp 10,95 Triliun di Semester I-2020

Kompas.com - 08/08/2020, 10:23 WIB
The Telkom Hub. DOK. Humas TelkomThe Telkom Hub.

 

KOMPAS.com – Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, meski pandemi Covid-19 berdampak pada perekonomian dan industri telekomunikasi, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mencatatkan kinerja yang cukup baik.

Kinerja positif ini terlihat dari peningkatan profitabilitas perseroan. Pertengahan tahun ini Telkom mencatat pendapatan konsolidasi Perseroan sebesar Rp 66,9 triliun dengan laba bersih Rp 10,99 triliun.

Margin Earnings Before Interest Tax Depreciation Amortization (EBITDA) dan margin laba bersih pun tercatat tumbuh dibandingkan tahun lalu.

EBITDA semakin menguat dengan pertumbuhan 8,9 persen year on year (YoY) menjadi Rp36,08 triliun dan margin yang dimiliki tumbuh 6,2ppt menjadi 54,0 persen.

Baca juga: BRI dan Telkom Kolaborasi Tingkatkan Layanan Satelit

Sementara margin laba bersih meningkat menjadi 16,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yaitu 16,0 persen.

“Kinerja perseroan yang sehat juga tercermin dengan meningkatnya arus kas dari kegiatan operasi yang tumbuh 23,4 persen menjadi Rp 34,2 triliun," jelas Ririek di Jakarta, Jumat (7/8/2020) lewat keterangan tertulis.

Dia juga menjelaskan bahwa peningkatan lini bisnis digital Telkomsel dan fixed broadband IndiHome berkontribusi mendorong kinerja bisnis Telkom. 

Telkomsel selaku entitas Telkom yang fokus pada segmen bisnis mobile mencatat pertumbuhan yang baik, khususnya pada bisnis digital.

Baca juga: Telkom Indonesia Buka Kesempatan Magang untuk SMK hingga S2

Bisnis digital Telkomsel tumbuh sebesar 13,5 persen dari periode yang sama pada tahun lalu menjadi Rp 31,9 triliun. 

Pertumbuhan itu memiliki total kontribusi yang tumbuh signifikan hingga 72,4 persen dari total pendapatan Telkomsel.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X