Daftar Uang Edisi Khusus Kemerdekaan RI Berbahan Emas Murni

Kompas.com - 19/08/2020, 11:26 WIB
Uang Rupiah Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Bank IndonesiaUang Rupiah Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) baru saja menerbitkan uang baru sebagai Uang Edisi Khusus Kemerdekaan ke-75 RI ( Uang Baru HUT 75 RI) dengan lembaran nominal uang Rp 75.000 ( uang 75000 atau uang pecahan Rp 75000).

Uang baru sebagai uang peringatan kemerdekaan ini diterbitkan bank sentral setiap 25 tahun sekali. Hingga saat ini, BI sudah merilis 10 uang edisi khusus peringatan kemerdekaan.

Kesepuluh uang khusus tersebut yakni Seri 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia sebanyak 4 pecahan uang, Seri 50 Tahun Kemerdekaan Indonesia sebanyak 2 pecahan uang, dan terakhir Seri 75 Tahun berupa 1 pecahan uang kertas Rp 75.000.

Sebanyak 6 uang edisi khusus tersebut di antaranya merupakan uang logam emas. Berikut daftar uang emas yang pernah diterbitkan BI sebagai uang edisi khusus kemerdekaan RI:

Baca juga: Deretan Uang Rupiah Khusus Peringatan HUT Kemerdekaan RI

1. Pecahan Rp 10.000

Uang koin emas pecahan Rp 10.000 merupakan uang edisi khusus yang diterbitkan BI dalam rangka peringatan kemerdekaan ke-25 Republik Indonesia.

Uang tersebut bergambar penari wayang orang wanita di bagian depan dengan teks "25 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia".

Sementara di bagian belakangan bergambar Burung Garuda. Uang pecahan Rp 10.000 ini berbahan emas murni dengan berat 24,68 gram dan diamter 40 mm.

BI pertama kali merilis uang emas pecahan Rp 10.000 pada 17 Agustus 1970 dan hingga saat ini belum pernah ditarik dari peredarannya. Artinya uang koin emas ini masih berlaku sebagai alat transaksi resmi di Indonesia. 

Uang Rupiah Khusus Peringatan Kemerdekaan Republik IndonesiaBank Indonesia Uang Rupiah Khusus Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia

2. Pecahan Rp 5.000

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X