Kembangkan Ekosistem Digital, Bank Mandiri Anggarkan Rp 1,7 Triliun

Kompas.com - 14/09/2020, 20:33 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. (Rafapress/SHUTTERSTOCK) Ilustrasi Bank Mandiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menganggarkan dana belanja modal alias capital expenditure (Capex) senilai Rp 1,7 triliun tahun ini.

Jumlah ini sama dengan biaya operasional (operating expense/opex) yang dianggarkan di bidang teknologi informasi.

Direktur Teknologi Informasi Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans mengatakan, anggaran capex diarahkan untuk pengembangan ekosistem digital perbankan, mengingat teknologi di masa disrupsi dan pandemi Covid-19 memainkan peran penting.

Baca juga: Hadirkan Layanan Open Banking, Bank Mandiri Targetkan 150 Mitra Bergabung

"Total komitmen capex kita tahun ini sekitar Rp 1,7 triliun. Itu rencana kita untuk tahun ini, dan moga-moga tercapai," kata Rico dalam konferensi video, Senin (14/9/2020).

Rico menuturkan, dana itu bakal diarahkan untuk meningkatkan kapabilitas teknologi dengan upgrade maupun mengganti sistem ke sistem yang lebih baru.

Salah satu realisasi penggelontaran capex Bank Mandiri tahun ini adalah membangun inisiatif open banking, yang disebut Mandiri API (Application Programming Interface).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Platform yang baru digagas awal bulan ini ditargetkan menggaet 150 mitra tergabung dalam ekosistem.

"(Capex) dipakai untuk run the bank dan change the bank untuk upgrade teknologi, untuk sesuatu yang baru. Begitu pun untuk transformasi supaya lebih baik. Salah satunya API kita investasi di sini, ini adalah bagian dari Rp 1,7 triliun," papar Rico.

Baca juga: PSBB Total, Simak Jadwal Operasional Bank Mandiri yang Disesuaikan

Sebagai informasi, Mandiri API merupakan platform yang dapat diakses oleh mitra bisnis untuk memperoleh informasi, sekaligus mengintegrasikan layanan dan produk Bank Mandiri pada platform digital milik mitra.

Dengan adanya Mandiri API, kerja sama melalui platform digital mitra baik e-commerce, fintech, start-up, dan korporasi lainnya akan semakin mudah dilakukan.

Selain top up e-money, mandiri API memberikan integrasi berbagai layanan transaksi perbankan lainnya pada digital platform mitra, seperti transfer antar rekening, transfer antar bank, bill payment, auto debit, dan lain-lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.