ADB Beri Pinjaman ke RI Rp 7,4 Triliun untuk Tingkatkan Ketahanan terhadap Bencana

Kompas.com - 24/09/2020, 09:50 WIB
Ilustrasi dollar AS Thinkstock.comIlustrasi dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Asian Development Bank ( ADB) telah menyetujui pinjaman senilai 500 juta dollar AS atau sekitar Rp 7,4 triliun (kurs Rp 14.800 per dollar AS) kepada Indonesia.

Pinjaman ini diberikan agar Indonesia mendapatkan akses cepat ke pembiayaan darurat, apabila terjadi bencana akibat bencana alam atau wabah penyakit, seperti halnya pandemi Covid-19 saat ini.

Wakil Presiden ADB Ahmed M. Saeed mengatakan, pinjaman berbasis kebijakan ini akan membantu pemerintah merespons secara tepat waktu terhadap guncangan bencana. Serta mengurangi dampak ekonomi dan sosial terhadap infrastruktur publik juga mata pencaharian masyarakat, terutama pada kelompok miskin dan perempuan.

Baca juga: Bos ADB: Rasio Pajak Asia Tenggara Terendah Se-Asia

"Sebab Indonesia berada di jalur Cincin Api Pasifik dan sangat rentan terhadap serangkaian bencana alam, termasuk gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, tanah longsor, banjir, dan kekeringan, dan kini Covid-19," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (24/9/2020).

Ia menjelaskan, pinjaman ini merupakan bagian dari Program Peningkatan Ketahanan Bencana (Disaster Resilience Improvement Program), yang menawarkan pembiayaan siaga bencana apabila ada deklarasi pemerintah tentang kondisi darurat bencana atau darurat kesehatan.

Dalam hal ini, bertujuan untuk mendukung reformasi Indonesia dalam manajemen risiko bencana dan pelayanan kesehatan. Program tersebut juga berupaya meningkatkan ketahanan bencana di antara berbagai lembaga dan masyarakat di Indonesia.

“Program ini ditujukan untuk membantu pemerintah meningkatkan keberlanjutan lingkungan, ketahanan bencana dan iklim, serta pembangunan modal manusia, termasuk kesehatan dan kesetaraan gender,” imbuh Spesialis Sektor Keuangan ADB, Benita Ainabe.

Baca juga: ADB Tambah Paket Dana Bantuan Lawan Corona Jadi Rp 320 Triliun

Program ini akan melengkapi Program Covid-19 Active Response and Expenditure Support (CARES) dari ADB senilai 1,5 miliar dollar AS untuk Indonesia, yang mendukung respons pemerintah menghadapi pandemi.

Sebelumnya, ADB juga telah menyediakan hibah senilai 3 juta dollar AS di bawah Asia Pacific Disaster Response Fund guna membantu pemerintah melakukan pengadaan peralatan dan perbekalan medis penting.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X