Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2020, 14:39 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM mencatat per 21 September 2020 anggaran yang sudah disalurkan untuk program Bantuan Presiden (Banpres Produktif) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk pengusaha mikro baru mencapai Rp 14 Triliun.

Dalam program ini pemerintah menargetkan ada sebanyak 12 juta pelaku UMKM yang akan mendapatkan bantuan ini.

"Per 21 September lalu sudah tersalur bantuan dengan nilai sekitar Rp 14,1 triliun dan artinya bantuan ini baru mencapai 64,5 persen dari target kami," ujar Staf Khusus Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Riza Damanik saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/9/2020).

Baca juga: Pengusaha Mikro Masih Bisa Daftar sebagai Penerima BLT Rp 2,4 Juta Per Bulan

Unutk itu, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak mulai dari dinas di daerah, koperasi, Bank Himbara, termasuk dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk memastikan program ini tersalurkan sesuai target.

"Kita akan optimalkan terus dan diharapkan bantuan ini bisa terserap 100 persen hingga akhir bulan," ucapnya.

Sebelumnya Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan program ini sangat direspon baik oleh para pelaku usaha mikro. Apalagi saat ini banyak pelaku usaha mikro yang mengaku kesulitan dalam mengakses pembiayaan.

Baca juga: Tidak Semua UMKM Dapat BLT Rp 2,4 Juta, Ini Alasannya

Berdasarkan laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada 80 persen pelaku usaha mikro yang tidak punya tabungan sama sekali.

"Ini berbahaya kalau pemerintah tidak segera fokus membantu kelompok usaha yang paling rentan," katanya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/9/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com