BUMN Konstruksi Rampungkan Proyek Dermaga IV Merak-Bakauheni

Kompas.com - 13/10/2020, 10:22 WIB
Sejumlah penumpang tiba di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (21/5/2020) malam. Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, arus penyeberangan penumpang di Pelabuhan Merak mengalami penurunan penumpang hingga 98,3 persen jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu dikarenakan adanya aturan larangan mudik dari pemerintah demi mencegah penyebaran pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTASejumlah penumpang tiba di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (21/5/2020) malam. Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, arus penyeberangan penumpang di Pelabuhan Merak mengalami penurunan penumpang hingga 98,3 persen jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu dikarenakan adanya aturan larangan mudik dari pemerintah demi mencegah penyebaran pandemi COVID-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - BUMN konstruksi PT PP (Persero) Tbk menyelesaikan pembangunan proyek Dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni.

Proyek pembangunan Dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni dimiliki oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Adapun masa pelaksanaan proyek selama 365 hari kalender.

Dermaga IV Merak memiliki kapasitas 6.000-10.000 GRT dengan tipe dermaga Breasting Dolphin dan Panjang dermaga 120 meter. Sedangkan, Demaga IV Bakauheni memiliki kapasitas 6.000-10.000 GRT dengan tipe dermaga Quay Wall dan panjang dermaga 150 meter.

Baca juga: Dermaga IV Beroperasi, Kapasitas dan Penyeberangan Kapal di Merak-Bakauheni Bertambah

Adapun ruang lingkup pekerjaan Dermaga IV Merak, antara lain Pengerjaan Struktur Darat (preboring, pemancangan, inner boring, struktur beton, movable bridge dan hidropolik, perbaikan dermaga eksisting, rumah control), Pengerjaan Struktur laut (preboring, pemancangan, inner boring, struktur beton, fender dan bollard), dan Pembongkaran Dermaga Eksisting.

Sementara itu, untuk lingkup pekerjaan Dermaga IV Bakauheni, antara lain: Pembongkaran Dermaga Eksisting, Pengerjaan Struktur Dermaga (pemancangan SPP dan SPSP, tie wire, struktur beton dermaga, fender & bollard, rumah control, mekanikal dan elektrikal), Pengerjaan Struktur Movable Bridge dan Sideramp, Pekerjaan Timbunan dan Rigid Pavement, serta Pengerukan Area Kolam Dermaga.

“Perseroan sangat bangga dipercaya oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk membangun kembali Dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bakauheni. Pelaksanaan pembangunan dermaga tersebut dapat diselesaikan tepat waktu oleh perseroan sesuai dengan yang ditargetkan," kata M Toha Fauzi, Direktur Operasi 2 PT PP.

Baca juga: 549.666 Orang Lintasi Merak-Bakauheni pada Libur Panjang Pekan Lalu

Toha menyatakan, dengan beroperasinya pelabuhan dermaga IV Merak-Bakauheni diharapkan dapat mengakomodir arus Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi berharap, pengoperasian dermaga tersebut dapat membantu tugasnya untuk menata penyeberangan yang gemuk atas permintaan Menteri Perhubungan.

"Dengan pengoperasian dermaga ini maka akan terjadi penambahan 20 trip dari 140 menjadi 160 trip dalam satu hari di mana 1.500 kendaraan bisa terangkut per harinya. Saya berharap ini akan menjadi kebanggaan semua, karena selama 18 tahun dikelola oleh swasta, Dermaga IV ini tidak ada kemajuan,” ujar Budi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X