Penerbangan Lesu, Boeing Cuma Kirim 11 Pesawat pada September 2020

Kompas.com - 16/10/2020, 05:44 WIB
Fasilitas perakitan Boeing 787 Dreamliner di South Carlonia, AS. Boeing ImagesFasilitas perakitan Boeing 787 Dreamliner di South Carlonia, AS.

NEW YORK, KOMPAS.com - Lesunya industri penerbangan masih memukul bisnis pabrikan pesawat Boeing.

Boeing melaporkan rendahnya angka pengiriman dan menyusutnya angka pemesanan pesawat pada September 2020.

Dilansir dari CNN, Jumat (16/10/2020), Boeing hanya mengirimkan 11 pesawat komersial pada September 2020. Angka ini termasuk di antaranya tiga pesawat kargo dan satu pesawat penumpang untuk militer.

Baca juga: Akhirnya, Boeing Kembali Dapat Pesanan Pesawat 737 MAX

Dengan demikian, sejak awal tahun 2020 ini, Boeing hanya mengirim 98 unit pesawat komersial kepada konsumen. Angka ini tidak sampai sepertiga dari jumlah pesawat yang dikirimkan pada Januari-September 2019 lalu.

Angka pengiriman pesawat menjadi kunci penting kinerja Boeing. Sebab, Boeing menerima sebagian besar pembayaran dari konsumen pada saat pengiriman.

"Kami terus bekerja secara erat dengan konsumen kami di seluruh dunia, memahami kebutuhan armada mereka baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, menyeimbangkan permintaan dan penawaran, sembari menavigasi berlanjutnya dampak signifikan pandemi global ini terhadap industri kita," jelas Direktur Keuangan Boeing Greg Smith.

Boeing tidak menerima pesanan baru sepanjang bulan September 2020. Selain itu, Boeing juga menghadapi tiga pembatalan pemesanan pesawat Boeing 737 MAX.

Baca juga: Kedua Kalinya Untuk Tahun Ini, Boeing Bakal PHK Pegawai

Sepanjang tahun ini, Boeing terpaksa harus menerima pembatalan 229 pemesanan pesawat. Hampir seluruhnya adalah pesawat Boeing 737 MAX.

Pandemi virus corona memaksa Boeing melambatkan laju produksi, lantaran anjloknya permintaan akan transportasi udara. Boeing pun menyatakan tengah mempertimbangkan konsolidasi produksi pesawat seri 787 Dreamliner di satu dari dua pabrik.

Boeing juga dalam proses pemangkasna jumlah karyawan, baik secara sukarela maupun nonsukarela.

Halaman:


Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X