Tahun Depan, Harga Minyak Diprediksi Belum Akan Tumbuh Signifikan

Kompas.com - 19/10/2020, 18:36 WIB
Ilustrasi minyak bumi ShutterstockIlustrasi minyak bumi

DUBAI, KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional ( IMF) memproyeksikan, harga minyak mentah dunia pada 2021 masih akan mengalami tekanan dari pandemi Covid-19.

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan, harga minyak mentah tahun depan masih belum akan kembali seperti sebelum merebaknya Covid-19.

Direktur IMF untuk Departemen Timur Tengah dan Asia Tengah Jihad Azour mengatakan, meskipun berhasil bangkit dari keterpurukan terburuk sepanjang sejarah pada Maret lalu, harga minyak mentah masih belum normal.

Baca juga: Ada Gelombang Kedua Corona, Pasar Minyak Dunia Hadapi Ketidakpastian

Saat ini, harga minyak mentah acuan Brent berada di level 42,87 dollar AS per barrel, lebih rendah sekitar 40 persen dari sebelum Covid-19 merebak.

Harga itu pun diyakini belum akan tumbuh secara signifikan dalam waktu dekat. Pada 2021, harga minyak mentah diproyeksi bergerak di rentang 40 hingga 50 dollar AS per barrel.

Proyeksi tersebut baru mencapai setengah dari rata-rata harga normal minyak mentah, yakni 80 dollar AS.

"Saya kira faktor penting yang perlu diperhatikan adalah pemulihan terhadap permintaan minyak mentah," ujar Azour dikutip dari CNBC, Senin (19/10/2020).

Baca juga: Ekspor Produk Minyak Sawit Lesu

Ketidakpastian permintaan minyak mentah terjadi setelah kekhawatiran akan terjadinya gelombang kedua Covid-19 muncul di berbagai negara.

Selain itu, para pelaku pasar juga masih menunggu gelaran pemilihan presiden Amerika Serikat.

Kedua hal tersebut semakin menimbulkan ketidakpastian pasar minyak mentah global.

Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X