Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mas Menteri Nadiem Buka-bukaan tentang PJJ di Kompasianival 2020: "Saya Ini Full Time Ayah, Full Time Menteri"

Kompas.com - 05/12/2020, 04:43 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Pandemi Covid-19 menhadirkan banyak pertanyaan, khususnya untuk dunia pendidikan: tantangan apa yang terjadi selama kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh hingga proyeksi untuk Tahun 2021?

Kali ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim buka-bukaan tentang itu semua pada "Prespektif: Belajar di Rumah, Orangtua Terlibat" di Kompasianival 2020 yang digelar secara virtual, Jumat (4/12/2020).

Pasalnya, kesulitan pembelajaran daring bukan semata-mata kesalahan ayah dan ibu. Memang ada satu proses belajar digital yang belum dapat diakses oleh banyak orang sehingga membuat kelimpungan.

Dengan segala kritik yang masuk kepada Kemendikbud, ternyata berdasarkan hasil survei Indo Barometer menempatkan nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim sebagai salah satu menteri terbaik di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Menanggapi survei tersebut, Mas Menteri Nadiem secara personal amat mengapresiasi walau masih banyak PR dan tantangan ke depan luar biasa.

"Secara personal, saya apresiasi. Akan tetapi ini baru start saja. PR masih banyak dan tantangan ke depan luar biasa," ujar Mas Menteri Nadiem.

Sebab, mungkin apa yang dilakukannya saat ini belum terlalu berdampak langsung. Maksudnya ini bisa jadi investasi yang bisa dilihat nanti.

"Mungkin ini bisa dilihat 6,7, atau 8 tahun lagi setelah saya tidak lagi di sini (menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan)," ucapnya.

Mas Menteri Nadiem juga menerangkan bahwa pendidikan itu satu-satunya sektor yang murni investasi dan jangka panjang.

Namun jika melihat lebih luas, Mas Nadiem memperkirakan survei tersebut karena cara Kemendikbud merespon krisis dan pandemi ini.

"Mungkin mereka merasa itu karena kita lumayan lincah di masa krisis. Bahwa ada berbagai macam kebijakan yang dikeluarkan," jawab Nadiem Makarim merespon survei tersebut.

Jadi, lanjutnya, kita (Kemendikbud) mengeluarkan kebijakan secara cepat, tida menunggu sampai sempurna sehingga bisa membantu masyarakat yang sedang mengalami krisis seperti sekarang.

Kemudian Mas Menteri Nadiem Makariem juga mengilustrasikan kebijakannya selama ini dengan menarik.

"Memang berisiko, bayangkan: tidak ada yang jauh lebih buruk dari kebijakan yang terlihat sempurna namun datangnya terlambat? Tidak ada gunanya," pungkasnya.

Akan teapi, barangkali, ada yang masyarakat lupa, bahwa Nadiem Makarim sendiri adalah seorang Ayah, Kepala Rumah Tangga, dengan 3 anak di rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com