Didorong Vaksinasi Covid-19 Karyawan secara Mandiri, Ini Respons Pengusaha

Kompas.com - 14/12/2020, 07:08 WIB
Ilustrasi vaksin corona, vaksin Covid-19, vaksin Shutterstock/Amazein DesignIlustrasi vaksin corona, vaksin Covid-19, vaksin

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Provinsi DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, menyambut baik ajakan Kementerian BUMN untuk turut berperan aktif dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara mandiri.

Menurut dia, ajakan tersebut dapat membantu pemerintah mendistribusikan vaksin Covid-19 secara merata kepada masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Oleh karenanya, perusahaan dinilai bisa menolong pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 di lingkup karyawan terlebih dahulu.

Baca juga: Soal Vaksinasi Covid-19, Erick Thohir: Tidak Ada Pemaksaan

Ia menyadari, di tengah pandemi tidak semua perusahaan mampu untuk melaksanakan program vaksinasi Covid-19 mandiri.

"Pemerintah pasti mengajak pengusaha yang memiliki kemampuan dan tidak mengalami tekanan selama pandemi ini. Jadi bagi pengusaha yang mampu sangat wajar mereka melakukan vaksinasi mandiri kepada karyawannya," tuturnya dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (14/12/2020).

Lebih lanjut, Sarman bahkan berharap nantinya pengusaha dapat melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat luas melalui program corporate social responsibility (CSR).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi ajakan pemerintah sangat positif dan perlu di apresiasi," ucapnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mendorong para pelaku dalam negeri untuk bekerja sama terkait pengadaaan vaksin Covid-19, khususnya yang bersifat mandiri.

"Pengusaha ikut bergotong royong untuk pengadaan vaksin," kata Arya dalam keterangan yang diterima  Kompas.com , Minggu (13/12/2020).

Arya menjelaskan, para pengusaha dapat turut membantu pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19 mandiri kepada para karyawannya.

"Ajakan kita agar para pengusaha membeli vaksin mandiri untuk karyawannya," ujar dia.

Baca juga: Biaya Vaksinasi Covid-19, Sri Mulyani: Ada yang Didanai APBN, Ada yang Mandiri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.