Maybank Salurkan Kredit Rp 2,68 Triliun ke Bio Farma untuk Pengadaan Vaksin Covid-19

Kompas.com - 14/12/2020, 15:45 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan dan fasilitas produksi vaksin milik BUMN PT Bio Farma dalam kunjungan kerjanya ke Kota Bandung, Selasa (11/8/2020). Biro Pers Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo meninjau kesiapan dan fasilitas produksi vaksin milik BUMN PT Bio Farma dalam kunjungan kerjanya ke Kota Bandung, Selasa (11/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Maybank Indonesia Tbk memberikan fasilitas berupa penyaluran pembiayaan senilai 185 juta dollar AS atau setara dengan Rp 2,68 triliun kepada Bio Farma.

Adapun Bio Farma merupakan perusahaan farmasi yang turut berperan dalam pengadaan vaksin Covid-19 di Tanah Air.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria mengatakan, pembiayaan disalurkan melalui beberapa termin.

Baca juga: Tertarik Beli Vaksin Corona? Bio Farma Berencana Buka Pre-order

Fasilitas pembiayaan berbasis Syariah omnibus line facility ini mencakup proposisi Syariah, Musharakah Trade Financing, serta forward hedging.

"Merupakan suatu kehormatan bagi Maybank Indonesia untuk berpartisipasi secara aktif dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia," kata Taswin dalam siaran pers, Senin (14/12/2020).

Taswin menyatakan, pembiayaan ini bertujuan untuk memperluas cakupan utilisasi pembiayaan berbasis Syariah di tengah dunia usaha Indonesia.

“Harapan kami, kerja sama ini dapat memberi dampak luas bagi masyarakat dan khususnya kepada Pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, serta iklim investasi di Indonesia," kata dia.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Mitra Bisnis, PT Bio Farma (Persero), I Gusti Ngurah Suharta Wijaya menambahkan, perseroan tengah melangsungkan kegiatan usaha yang berfokus pada penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Baca juga: Pemerintah Masih Belum Putuskan Harga Vaksin Covid-19 di Indonesia

Pengadaan dilakukan bersama dengan PT Kimia Farma Tbk dan PT Indofarma (Persero) Tbk.

Luas dan besarnya skala pandemi membuat perusahaan di bidang kesehatan itu butuh mitra perbankan untuk memberikan layanan finansial.

“Kami berharap kerja sama kemitraan dengan Maybank Indonesia dapat berlangsung secara produktif sejalan dengan visi dan misi Pemerintah untuk memulihkan kembali kondisi masyarakat dari pandemi di seluruh pelosok negeri,” tutup Suharta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X