Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Garuda Targetkan Hemat Biaya Sewa Pesawat 143,7 Juta Dollar AS di 2021

Kompas.com - 16/12/2020, 05:42 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menargetkan perusahaannya bisa menghemat biaya penyewaan pesawat hingga 143,7 juta dollar Amerika Serikat (AS) pada 2021 mendatang.

Hal ini dilakukan dalam rangka efisiensi operasional perusahaan agar kedepannya keuangan maskapai plat merah itu terus membaik.

“Sementara untuk tahun depan dengan negosiasi yang kita lakukan, akan dihemat sebesar 143,7 juta dollar AS. Ini adalah pengehmatan yang kita lakukan terhadap biaya sewa pesawat,” ujar Irfan dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Penumpang Garuda Indonesia Capai 1,5 Juta Orang di Kuartal III 2020

Irfan menambahkan, pada 2019 lalu perseroannya telah melakukan penghematan di sisi penyewaan pesawat sebesar 785 juta dollar AS. Sedangkan di tahun ini, penghematan yang dilakukan di sisi tersebut sebesar 764 juta dollar AS.

“Di tahun 2020 dengan beberapa penghematan yang kita lakukan di kuartal III, kita estimasi kita pesawat akan menjadi 764 juta dollar AS atau pengurangan hampir 36 juta dollar AS setahun,” kata dia.

Baca juga: Soal Wisatawan ke Bali Wajib Tes PCR, Ini Kata Bos Garuda

Sementara itu, di tahun depan dengan penghematan sebesar 143,7 juta dollar AS, maka penghematan dalam tiap bulannya bisa mencapai 12 juta dollar AS.

“Apakah akan menciptakan profit atau tidak, tentu kami akan melakukan penghematan di sisi lainnya. bukan hanya sewa pesawat. Ada penghematan sisi SDM, kedua juga penghematan yang lainnya diperlukan,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com