KILAS

Permudah Akses Informasi di Mamuju Pascagempa, Telkom Sediakan Internet Gratis dan Genset Mobile

Kompas.com - 15/01/2021, 20:51 WIB
Logo Telkom Indonesia DOK. Humas TelkomLogo Telkom Indonesia

KOMPAS.com -  Pascagempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menyediakan internet gratis melalui WiFi Corner di Kantor Daerah Pelayanan Telekomunikasi (Kandatel) Mamuju.

Pemberian layanan internet gratis itu guna mempermudah masyarakat dalam berkomunikasi dan mengakses informasi.

Tak hanya itu, Telkom juga telah memobilisasi genset mobile dari Donggala ke Mamuju.

Beberapa upaya tersebut dilakukan agar layanan telekomunikasi TelkomGroup tetap beroperasi normal pascagempa bumi di Majene dan Mamuju.

Baca juga: Soal Internet Lambat Akses Netflix, Ini Kata Telkom

Seperti diketahui, telah terjadi gempa bumi dengan magnitudo 6,2 di Majene dan Mamuju pada pukul 02.28 Waktu Indonesia Tengah (WITA), Jumat (15/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dampak dari gempa di dua kabupaten Sulbar tersebut mengakibatkan kerusakan pada jaringan hingga fasilitas umum milik Telkom.

“Saat ini kondisi jaringan backbone tetap beroperasi normal dan kami sedang melakukan pengecekan pada jaringan akses,” ujar Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono di Jakarta, dalam keterangan tertulisnya yang dierima Kompas.com pada Jumat.

Sementara itu, untuk layanan seluler, beberapa Base Transceiver Station (BTS) Telkom mengalami gangguan. Pada umumnya, gangguan ini dikarenakan kendala catuan listrik yang terjadi.

Baca juga: Gaet Telkom, Kemenkes Kirim SMS Terkait Vaksinasi ke 500.000 Tenaga Kesehatan

“Kami terus melakukan pengecekan dan mempercepat perbaikan jika memang ditemukan adanya perangkat jaringan yang terdampak,” kata Pujo.

Bukan hanya gangguan tersebut, Pujo menjelaskan kondisi gedung pelayanan pelanggan dan Sentral Telepon Otomat (STO) Mamuju juga mengalami beberapa kerusakan.

Jadi selain perbaikan gedung, STO Mamuju membutuhkan catuan genset sehubungan adanya kendala catuan listrik di lokasi.

“Kami memohon maaf kepada pelanggan yang sempat terdampak atas ketidaknyamanan layanan telekomunikasi yang dirasakan pascagempa,” imbuh Pujo.

Baca juga: Resmikan Command Center, Telkom Pastikan Pengalaman Terbaik Bagi Pelanggan IndiHome

Ia memastikan, Telkom telah mengirimkan tim teknisi dari Parepare menuju Mamuju untuk mempercepat upaya identifikasi dan recovery,

“Tim teknisi yang dikirim Telkom akan melakukan pengecekan dan mempercepat perbaikan segera terhadap gangguan layanan yang terdampak,” ujar Pujo.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.