PHRI Catat 50 Hotel dan Restoran di Yogyakarta Gulung Tikar

Kompas.com - 04/02/2021, 18:32 WIB
Panorama Tugu Yogyakarta pada malam hari. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPanorama Tugu Yogyakarta pada malam hari.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat ada sebanyak 50 hotel dan restoran di kota wisata tersebut gulung tikar atau tutup permanen.

Hal itu terjadi lantaran diberlakukannya pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali oleh pemerintah.

"PPKM diberlakukan, sementara argo kita terus berputar. Tagihan listrik, tagihan bunga bank, BPJS yang harus dibayar. Padahal income kita sedikit bahkan tidak ada, nah kami minta solusi dari pemerintah misalnya seperti stimulus," ujar Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono saat dihubungi Kompas.com, Kamis (3/2/2021).

Baca juga: Soal Sertifikat Tanah Elektronik, Perbankan Tunggu Arahan Kementerian ATR

Dia mengatakan, saat pandemi pertama kali muncul di Tanah Air, pemerintah telah memberikan stimulus dengan bentuk pengurangan biaya beban listrik.

Pengusaha mengakui, stimulus itersebut cukup membantu pengusaha hotel dan restoran.

Deddy berharap stimulus pengurangan biaya listrik bisa diberlakukan lagi. Apalagi, kata dia, sudah semakin banyak jumlah karyawan yang di PHK bahkan harus dirumahkan tanpa gaji sama sekali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Inginnya memang ada lagi, kami tidak munafik karena memang pernah menerima. Kami memang sangat butuhkan solusi dari pemerintah, terserah apapun solusinya, yang betul-betul bisa membuat kami bertahan. Semoga aja pemerintah juga mau mikir beban kita, karena kita bagian daripada Indonesia," ucap dia.

Baca juga: Pemerintah Batal Pangkas Insentif Tenaga Kesehatan di 2021



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.