Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta Pelatihan Kemenaker Dijanjikan Dapat Modal Usaha dari PNM

Kompas.com - 01/03/2021, 20:56 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menjajaki kerjasama dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM) sebagai mitra program wirausaha.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, PNM akan membantu dari sisi peningkatan kompetensi dan pemberian modal kepada peserta pelatihan yang dilaksanakan Kemenaker.

"Untuk kerja sama kewirausahaan itu, setiap peserta yang lulus pelatihan tersebut mendapatkan modal dari PNM atau yang kita latih bisa menjadi pendampingnya," ujarnya melalui keterangan tertulis, Senin (1/3/2021).

Baca juga: Mulai Berlaku Hari ini, Simak Ketentuan Diskon PPN Rumah

Dalam kesempatan itu, Dirjen Binalattas Kemenaker, Budi Hartawan menambahkan, pihaknya juga akan melihat berbagai kemungkinan jalinan kerja sama. Misalnya dari sisi pelatihan. Kemenaker akan meminta job requirement atau persyaratan kerja yang diminta PNM sebagai account officer untuk dilatih.

"Nantinya PNM akan menerima hasil dari pelatihan itu. Kita juga akan melihat standar kompetensinya karena kita akan susun kurikulum pelatihannya di setiap BLK-BLK, termasuk 2.127 BLK Komunitas di seluruh Indonesia," kata dia.

Hal senada dikatakan Dirut PT PNM Arief Mulyadi. PNM menyambut baik kerja sama yang disampaikan Menaker untuk memberdayakan ekonomi masyarakat.

Baca juga: OJK Temukan 51 Pinjol Ilegal, Ini Daftarnya

Nantinya pemberdayaan ekonomi dilakukan kepada masyarakat, terutama yang berada di kawasan perdesaan dan perkotaan sehingga masyarakatnya menjadi produktif.

"Kita bisa kerja samakan karena di BLK-BLK Komunitas Kementerian Ketenagakerjaan itu sangat beririskan dengan wilayah layanan nasabah kami yang saat ini sudah 4.620 kecamatan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com