Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berputar-putar 1 Jam, Lion Air Surabaya-Ambon Dialihkan ke Sorong

Kompas.com - 06/03/2021, 20:54 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-786 dari Surabaya sempat gagal mendarat di Ambon, Sabtu (6/3/2021).

Pesawat ini sedianya mengambil rute dari Bandara Internasional Juanda Surabaya dengan tujuan Bandara Pattimura Ambon. Ketika hendak melakukan pendaratan, pesawat tersebut hanya berputar-putar di langit.

Hal ini terungkap dari pengakuan salah seorang penumpang pesawat tersebut, Saleh Ismail Mukadar.

Ia menceritakan kejadian yang menimpanya bersama penumpang lain.

Baca juga: Lion Air dan Batik Air Perluas Layanan ‘Gratis’ Rapid Test Antigen

Ia menyebut, pesawat sebenarnya sudah tiba di wilayah udara Ambon sekitar pukul 14.00 WIT. Hanya saja, pendaratan tak kunjung terjadi.

“Dua kali gagal mendarat entah karena apa. Putar-putar satu jam dan gagal lagi. Lalu sekarang mendarat di Sorong Papua. Berangkat ke Ambon tiba di Papua, Lion oh Lion,” ujarnya, Sabtu (6/3/2021).

Terpisah, Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro, menyampaikan konfirmasinya terkait kejadian ini.

Danang membenarkan bahwa Lion Air penerbangan JT-786 melakukan pengalihan pendaratan (divert) ke Bandar Udara Dominie Eduard Osok, Sorong.

“Hal tersebut, dikarenakan kondisi cuaca kurang baik yang tidak memenuhi kualifikasi keselamatan untuk pesawat mendarat dan lepas landas,” ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (6/3/2021) malam.

Baca juga: Lion Air Gratiskan Bagasi untuk Penerbangan ke Jakarta dan Batam

Kendari begitu, ia menegaskan bahwa kejadian ini sudah dijelaskan kepada para penumpang.

“Seluruh penumpang sudah diinformasikan mengenai perihal pengalihan pendaratan ke Sorong, dikarenakan kondisi cuaca. Setelah bandar udara di Ambon dinyatakan aman untuk penerbangan, maka pesawat kembali terbang ke Ambon,” urainya.

Dikatakan, pada malam harinya, pesawat sudah mendarat di Ambon.

“Pesawat mendarat di Ambon pukul 18.35 WIT. Selanjutnya pukul 19.05 WIT melakukan penerbangan JT-787 tujuan Makassar,” bebernya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com