Kompas.com - 06/03/2021, 20:02 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Anda lagi butuh suntikan dana untuk ekspansi? Bisa kok dapat dana segar, bukan dari pinjaman. Melainkan dengan penawaran umum saham perdana atau IPO (innitial public offering).

Sederhananya, proses sebuah perusahaan untuk pertama kalinya menjual saham ke publik. Atau disebut juga dengan go public.

Bila sudah IPO dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), status perusahaan kemudian berubah dari perusahaan tertutup menjadi perusahaan terbuka alias Tbk.

Go public sebenarnya menguntungkan bagi perusahaan tersebut. Apa saja keuntungan dan kerugian kalau perusahaan sudah go public? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari Cermati.com:

Keuntungan Go Public

1. Meraup pendanaan tak terbatas

Dari hasil penjualan saham perdana, biasanya perusahaan akan meraup dana segar yang menjadi target go public. Misalnya menjual 2 miliar lembar saham seharga Rp 500 per lembar, berarti target perolehan dana dari IPO sebesar Rp 1 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari dana yang diperoleh dapat digunakan perseroan untuk melakukan sejumlah langkah bisnis. Contohnya membangun pabrik atau fasilitas produksi baru, peremajaan pabrik lama, melebarkan sayap bisnis ke luar negeri, meningkatkan kapasitas produksi, akuisisi, hingga membayar utang dan modal kerja.

Selain itu, dengan go public, perusahaan dapat lebih dipercaya oleh perbankan dan lembaga keuangan lain. Terutama untuk mengajukan pinjaman dalam nominal besar.
Lebih mudah menerbitkan surat utang, baik jangka pendek maupun panjang. Juga untuk berkolaborasi serta mencari partner bisnis, investor untuk berinvestasi dalam perusahaan tersebut.

2. Nilai perusahaan meningkat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.