Kompas.com - 09/03/2021, 06:06 WIB
Ilustrasi bakso Dok. Shutterstock/ Romix ImageIlustrasi bakso

JAKARTA, KOMPAS.com - Makanan merupakan salah satu bisnis yang masih terlihat “sexy” untuk dijalankan. Alasan dasarnya, sebut Perencana Keuangan Finansialku, Juan Mahir Muhammad, CFP®,  karena makanan adalah kebutuhan dasar dari setiap manusia.

Kini, makanan dan minuman bukan hanya sekedar kebutuhan primer, namun juga bisa menjadi kebutuhan gaya hidup dalam bersosialiasi. Kita bisa lihat berbagai postingan media sosial, pasti ada postingan berupa makanan dan minuman yang terlihat menggiurkan.

“Hal ini menyebabkan pertumbuhan bisnis kuliner di tanah air memang maju sangat pesat. Baik yang kasat mata terlihat di jalanan, maupun bisnis makanan yang tidak memiliki fisik bangunan dengan cara online,” ujar Juan.

Baca juga: Jokowi Izinkan Perusahaan Besar Masuk ke Bisnis Kerupuk dan Rempeyek

Namun, jika kamu ingin memjika kamu ingin memulai bisnis makanan, perlu dilakukan suatu strategi yang tepatulai bisnis makanan, perlu dilakukan suatu strategi yang tepat agar tidak merugi. Apalagi di masa pandemi ini.

Oleh karena itu, berikut ini hal yang harus diperhatikan dalam bisnis makanan menurut Juan Mahir Muhammad.

1. Putuskan produk yang ingin dijual

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jenis makanan dan minuman banyak sekali ragamnya dan semua bisa dijual, namun untuk menentukan apa yang akan dijual memang sedikit sulit. Jika salah ambil keputusan, bukan untung namun rugi yang didapat.

Menurut Juan, kamu bisa mengawali menjual dari apa yang kamu sukai atau mahir dalam membuat makanan tersebut.

“Hal ini akan berdampak terhadap riset bisnis dan pengembangan produk yang akan ditawarkan,” jelasnya.

Misalnya, kamu suka makan bakso. Sebelumnya, pasti banyak sekali warung atau restoran bakso yang sudah kamu rasakan dari berbagai jenis dan varian bakso. Sehingga, kamu jadi tahu jenis bakso mana yang disukai oleh para konsumen dan layak jual.

Baca juga: 5 Tren Produk 2021 yang Bisa Jadi Peluang Bisnis

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.