PLN Gunakan Power Bank untuk Pasok Listrik ke Sentra Vaksinasi Senayan

Kompas.com - 21/03/2021, 17:01 WIB
Petugas saat melakukan pemeriksaan gardu distribusi listrik di Tennis Indoor Senayan, Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (19/3/2021). PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya melakukan energize sambungan listrik sementara 1.000.000 Volt Ampere (VA) untuk Sentra Vaksinasi Bersama di Tennis Indoor Senayan. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas saat melakukan pemeriksaan gardu distribusi listrik di Tennis Indoor Senayan, Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (19/3/2021). PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya melakukan energize sambungan listrik sementara 1.000.000 Volt Ampere (VA) untuk Sentra Vaksinasi Bersama di Tennis Indoor Senayan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Vaksinasi Covid-19 tengah digencarkan oleh pemerintah. Guna mendukung pelaksanaan program ini, diperlukan sistem kelistrikan yang andal dari PT PLN (Persero).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan mengatakan, untuk mendukung program vaksinasi yang digelar di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, pihaknya menggunakan sambungan listrik sementara sebesar 1 juta Volt Ampere (VA).

“Suplai listrik sementara di sana menggunakan Power Bank PLN, tidak ada polusi suara maupun polusi udara,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (21/3/2021).

Baca juga: Mau Bisnis Online Anda Viral dan Terkenal? Ikuti 4 Tips Ini

Khusus untuk lemari pendingin tempat menyimpan vaksin, Doddy menambah, PLN memberikan keandalan ekstra menggunakan Uninterruptible Power Supply (UPS) sebesar 30.000 VA.

Ia menjelaskan, pasokan listrik untuk sentra vaksinasi ini memiliki 3 lapis pasokan cadangan dari gardu induk 150 bertegangan kilo Volt (kV) dan gardu distribusi 20 kV yang berbeda.

“Supaya kalau ada kendala di sistem utama bisa ada back up dari sistem cadangan,” kata Doddy.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya di Sentra Vaksinasi Tennis Indoor Senayan, PLN juga memasok listrik lokasi vaksin lain seperti lokasi vaksin Kementerian Kesehatan di Jalan Hang Jebat, Jakarta Selatan.

“Selain itu, PLN juga juga bersiaga menjaga keandalan serta menambah pasokan listrik di rumah sakit rujukan Covid-19 maupun tempat isolasi seperti hotel yang ditunjuk pemerintah dan Wisma Atlet,” ucap Doddy.

Baca juga: Elon Musk Siap Tutup Tesla jika Terbukti Mata-matai China



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X