Kompas.com - 23/03/2021, 06:08 WIB
Ilustrasi belanja online Dok. Shutterstock/SushimanIlustrasi belanja online

JAKARTA, KOMPAS.com - Di mata masyarakat, wanita memang dianggap lebih teliti dibandingkan pria, bahkan menyoal uang pun wanita ahlinya.

Misalnya, dalam komunitas, organisasi, bahkan perusahaan, wanita selalu ditunjuk menjadi bendahara. Lainnya, dalam rumah tangga pun menjadi hal yang wajar jika istri adalah menteri keuangannya.

Tetapi, kegemerannya wanita untuk membeli barang sering kali menjadi boros. Sudah menjadi maklum bila wanita banyak berburu diskon.

Menurut Perencana Keuangan Finansialku, Ninet Danggiani, CFP®, menjadi suatu hal wajar bila wanita gemar berbelanja, karena belanja sudah menjadi salah satu sumber hiburannya.

Baca juga: Kamu Hemat atau Boros? Ini Perbedaannya

“Belanja bisa meningkatkan mood dan menjadi cara untuk memberikan self-rewards pada dirinya sendiri,” ungkapnya.

Jika tujuan kamu sebagai bentuk penghibur, tidak ada yang salah. Namun, akan menjadi salah bila kamu berlebihan bahkan rela mengutang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila kebiasaan boros ini terus dibiarkan, maka keuangan kamu pun menjadi tidak sehat. Diperlukan kebiasaan baru agar keuangan kamu kembali sehat.

Berikut ini Ninet menjelaskan langkah-langkah jitu agar kebiasaan boros belanja kamu bisa hilang:

1. Prioritaskan kebutuhan di atas keinginan

Langkah pertama adalah mulai atur ulang skala prioritas keuangan kamu. “Kamu harus memahami tentang kebutuhan dan keinginan," ucap Ninet.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.