Wilmar Gandeng Petani di Jawa Timur Lakukan Penanaman Padi di Lahan Seluas 148

Kompas.com - 24/03/2021, 14:48 WIB
Petani dok WilmarPetani

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Wilmar Padi Indonesia menggandeng kelompok tani di Ngawi dan Mojokerto, Jawa Timur melaksanakan penanaman padi melalui demo plot (demplot).

Hingga kini, luas lahan tanam demplot tersebut mencapai 148 hektare (ha). Program ini juga didukung oleh PT Wilmar Chemical Indonesia, produsen Pupuk Mahkota.

Direktur PT Wilmar Padi Indonesia Saronto mengatakan, demplot yang telah dimulai sejak 2019 ini bertujuan memberikan pendampingan kepada kelompok tani, yaitu mengenai penanaman yang tepat, pengaplikasian sarana produksi pertanian, dan teknik pemanenan yang baik.

Baca juga: Bappenas: Tak Ada Lagi Profesi Petani pada 2063

 

“Dalam pendampingan ini kami berusaha mengarahkan petani agar mengaplikasikan teknik yang lebih baik agar produksi meningkat,” kata Saronto dalam keterangan resmi, Rabu (24/3/2021).

Pihaknya juga menekankan pentingnya pemupukan berimbang dan lebih efisien. Berdasarkan pengalaman peserta demplot, kelompok tani hanya membutuhkan 382 kg per 0,5 ha dengan pemupukan yang berimbang dan efisien.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama ini, mereka memerlukan 482 kg per 0.5 ha. Dari data hasil realisasi produksi demplot, produksi padi tercatat meningkat minimal 11 persen dan tertinggi 33 persen.

Saronto menjelaskan, demplot tersebut terbilang sukses sehingga mendorong kelompok tani lainnya ingin turut serta dalam program ini. Pihaknya melanjutkan program demplot dalam bentuk Penanaman Serentak secara komersial.

Penanaman padi pada program demplot dilakukan di lahan petani. Dalam program tersebut, petani memperoleh kemudahan mendapatkan pupuk, benih padi, dan pestisida.

Baca juga: Bukan Karena Isu Impor, Mendag Beberkan Penyebab Harga Gabah Petani Anjlok

 

Ke depan, Wilmar berencana memperluas demplotnya ke sejumlah daerah sentra padi di Indonesia.

Program ini memperoleh dukungan dari masing-masing pemerintah daerah karena dinilai membantu meningkatkan produksi tanaman pangan.

“Kami bercita-cita menggelar lebih banyak demplot agar lebih banyak petani yang merasakan manfaatnya,” kata Saronto.

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.