Disebut Beri Upah Rendah ke Kurir, Shopee: Insentif Mitra Sangat Kompetitif

Kompas.com - 13/04/2021, 07:33 WIB
Logo Shopee ShopeeLogo Shopee


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Shopee International Indonesia (Shopee) buka suara terkait isu memberi upah rendah kepada kurir Shopee Express.

Isu tersebut muncul lantaran berita keterlambatan pengiriman barang yang berujung pada dugaan demo kurir yang dikabarkan mengalami pemotongan tarif kirim per paket.

Executive Director Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, nilai insentif yang didapatkan kurir Shopee Express cukup kompetitif bila dibandingkan dengan rata-rata industri jasa logistik.

Baca juga: Shopee Tak Bisa Pilih Kurir? Ini Penjelasan Manajemen

Bila mitra pengemudi bisa membawa paket sebanyak 80 paket sehari, maka bisa mendapatkan insentif rata-rata sebesar Rp 2.213 per paket.

Sementara, menurut dia, rata-rata upah per paket di pasaran saat ini di kisaran Rp 1.700 hingg Rp 2.000 per paket untuk jasa logsitik lain.

"Dapat kami informasikan bahwa insentif untuk mitra pengemudi SPX sangatlah kompetitif di industri jasa logistik. Contohnya, jika seorang mitra pengemudi SPX di wilayah Jabodetabek membawa 80 paket dalam sehari, mereka bisa mendapatkan insentif rata-rata senilai Rp 2.213 untuk setiap paket," jelas Handika kepada Kompas.com, Senin (13/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia juga memastikan skema insentif Shopee selalu mengikuti peraturan yang berlaku di daerah terkait. Selain itu, nilai isnentif juga akan mengikuti tingkat harga di pasar untuk bisa mencapai titik temu terbaik antara permintaan pengguna dan ketersediaan kurir.

Baca juga: Pastikan Kelancaran Pengiriman Paket Saat PSBB, Paxel Tambah Kurir

"Kami juga selalu mendengarkan masukan dan aspirasi dari para mitra pengemudi SPX, dan terus berupaya untuk menjaga kenyamanan dari semua pihak," jelas Handika.

Sebelumnya, ramainya pemberitaan terkait demo kurir Shopee Express karena upah rendah ramai di Twitter karena beberapa pihak membuat utas terkait hal tersebut.

Salah satu akun yang diketahui membuat utas yakni @braddamamad, yang utasnya di unggah 9 April 2021 lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.