Menuju Indonesia National Space Agency

Kompas.com - 05/05/2021, 14:24 WIB
Indonesia ShutterstockIndonesia

UDARA sebagai wilayah atau teritori dari sebuah negara, bukan sebagai zat sudah sejak lama dipandang sebagai sesuatu yang rawan dan bahkan sebagai titik lemah dalam perspektif National Security atau pertahanan keamanan negara.

Akan tetapi seiring dengan itu, maka wilayah udara, antariksa atau dirgantara (Air and Space) sudah lebih dari seabad yang lalu diantisipasi sebagai masa depan dari umat manusia. Air and Space adalah The Future of Mankind.

Titik lemah

Udara telah menunjukkan dirinya sebagai sebuah sarana yang memudahkan upaya untuk memenangkan perang. Sebagian besar peperangan yang berlangsung sepanjang sejarah umat manusia, dimenangkan melalui sarana udara.

Itu sebabnya banyak yang menganggap bahwa dalam sisi pertahanan keamanan negara, maka wilayah udara sebuah negara dipandang sebagai titik lemah yang dapat digunakan untuk menaklukkan sebuah negara.

Ketika Jerman hendak menaklukkan Kerajaan Inggris setelah berhasil menduduki Perancis, para ahli strategi perang Jerman memutuskan untuk menaklukkan Inggris melalui udara.

Hal itu diputuskan karena antara lain Jerman sangat paham sekali tentang kekuatan laut Kerajaan Inggris yang sangat terkenal seantero jagad dengan Jargon “Great Britain Rules the Waves”.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlepas dari kemudian Inggris dapat bertahan dan memenangkan pertempuran yang dikenal sebagai “ The Battle of Britain” itu, dalam hal ini wilayah udara memang dilihat oleh Jerman sebagai titik lemah dari pertahanan Inggris.

Para ahli strategi Jerman berpikir cara yang mudah untuk menduduki Inggris adalah melalui serangan udara.

Serangan udara Jepang terhadap pangkalan militer terbesar Amerika Serikat di Pasifik, Pearl Harbor dan pemboman Amerika Serikat di Hiroshima dan Nagasaki membuktikan betapa rawannya wilayah udara sebuah negara dari serangan musuh yang datang dari luar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.